Kwarcab 03.06 Pramuka Agam Ikuti Kita Nasional ke 83 dan Joti 41 di Gudep MAN 3

0
63

AGAM – Zonadinamikanews.com.Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 03.06 Agam menggelar Jamboree On The Air (Jota) dan Jamboree On The Internet (Joti) bekerjasama dengan radio lokal ORARI Bukittinggi Agam yang diikuti pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega sejak 16-18 Oktober 2020, dipusatkan di gugus depan MAN 3 Agam di Kubang Putih Banuhampu.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 03.06 Agam, Drs. H. Martias Wanto, MM diwakili Waka IV Khairul Koto, berdasarkan surat Kakwarda 03 Sumbar nomor 213–03-A tertanggal 13 Oktober 2020 tentang pelaksanaan Jota nasional ke 83 dan Joti Nasional ke 41, dengan stasiun induk Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar (YH5ZKZ) selama 3 (tiga) hari (16-18/10), dengan frekuensi Pesawat Bamd 2 m: 145.320 Mhz dan pesawat all band: 70.80 Mhz.

QSO Persana Jota daerah yang dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2020, pukul 16.00 Wib, dengan stasiun Kwarcab Kota Bukittinggi. Sedangkan QSO Penutupan Jota daerah dilaksanakan tanggal 18 Oktober 2020 pukul 16.00 Wib dengan stasiun Kwarcab Kota Payakumbuh. Demikian dikatan Khairul Koto.

Jamboree udara Jota Joti merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan bagi Pramuka di seluruh dunia untuk berkumpul walaupun berada di lokasi geografis yang berbeda-beda. Untuk kegiatan JOTA, peserta menggunakan Radio Amatir dan untuk kegiatan JOTI mereka dapat menggunakan Internet.

Sesuai dengan tema spanduk pada kegiatan Jota Joti Kwarcab Agam, “Peran serta Pramuka ikut membantu dalam penanggulangan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan. Sedangkan tema secara nasional adalah “Melalui Jota Joti kita pererat persaudaraan dan silaturahmi pramuka sedunia”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut wakil ketùa IV Kwarcab Agam, Khairul Koto bersama ketua DKC Agam Budi, kakwaran IV Koto, Astati, S.Pd. Kamabigus MAN 3 Agam Nurmiyetti dan tim ORARI Bukittinggi Agam yang ikut mendukung kegiatan Jota Joti Kwarcab Agam.

Baca Juga :  Semangat Hari Pertama Masuk sekolah di SDN Gempolkarya I-III

Untuk memperlancar Jota Joti, Kwarcab Agam bekerjasama Tim ORARI dengan instruktur kak YB5BDW (Budiwarman), YC5DDE (Suhardedi), YC5KXI (Dayu Muharis) dan YD5JVB (Yasmen St. Diateh).

Ketua Kwartir Cabang 03.06 Agam Martias Wanto secara terpisah, mengatakan betapa pentingnya dukungan Orari, sehingga pramuka secara khusus melakukan kerja sama dengan Orari untuk setiap tahunnya pada pelaksanaan Jota. Kedepan kwarcab Agam perlu melalukan kerjasama terutama saat akan mengikuti jambore udara, katanya.

Mengingat Jota Joti tahun 2020 dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19, dengan sendirinya peserta yang mengikuti hanya diikuti 22 orang pramuka penggalang dan penagak, berasal dari kwarran IV Koto, kwaran Banuhampu, kwaran Baso dan Saka Wira Kartika. Demikian ditambahkan anggota Korps Pelatih Kwarcab Agam Astati, S.Pd. ( Zona – Yns )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here