Bawaslu Kabupaten Toba,Menertipkan Alat Peraga Kampanye (APK)

0
115

Toba-Zonadinamikanews.com.Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) ini dilakukan berdasarkan Keputusan KPU Toba Samosir Nomor: 250/PL.02.4-Kpt/1212/KPU-Kab/IX/2020 tertanggal 25 September, tentang penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir Tahun 2020.

Penertiban APK dilakukan pada hari Rabu (07/10/2020) diawali apel bersama di depan kantor sekretariat Bawaslu Kabupaten Toba, sekitar pukul 09:00 Wib, yang dihadiri puluhan Sat Pol PP Kabupaten Toba, Panwaslu Kecamatan, Personel Polsek Balige dan Personel Polres Toba.

Usai apel bersama, Romson Purba, S.T selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Toba didampingi dua Komisioner lainnya yakni Thomson Manurung dan Japarlin Napitupulu, memimpin langsung penertiban APK yang diawali dari wilayah Kecamatan Tampahan, dan dimungkinkan hingga ke Kecamatan Ajibata.

Menurut Romson Purba, sebelumnya pihaknya(Bawaslu) sudah mengirim surat imbauan kepada pasangan calon supaya menertibkan APK sendiri, serta mengirimkan surat imbauan kepada partai politik pengusung dan tim pemenangan masing-masing pasangan calon.

“Baliho, spanduk, umbul-umbul, brosur, flayer, pamflet, poster yang tidak sesuai aturan yang disepakati dan diberlakukan oleh KPU akan kita tertibkan. Seluruh APK yang ditertibkan akan dikumpulkan dikantor,” ujar Romson Poskoro Purba, S.T.

Pemasangan APK pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan difasilitasi oleh KPU, dan dapat dilakukan penambahan APK oleh dua pasangan calon (APK mandiri) yang jumlah dan tempatnya telah diatur dalam peraturan KPU.

“Pemasangan APK sebagaimana diinginkan harusnya dilaksanakan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan etika, estetika, ketersediaan ruang, kebersihan, keindahan kota, atau kawasan setempat sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” terang Romson Purba.

Menurut Romson Purba, kegiatan tersebut akan dilakukan disepanjang jalan protokol. Panwaslu Kecamatan yang wilayahnya tidak berada di jalan protokol akan lakukan penertiban, direncanakan dua sampai tiga hari kedepan.

Baca Juga :  63500 Surat Suara Di Kecamatan Batujaya Sudah dimulai Pelipatan

Diketahui Pilkada 2020 di Kabupaten Toba menghadirkan dua pasangan calon, yakni pasangan calon nomor urut satu Ir. Poltak Sitorus-Tonny M Simanjuntak, SE dan pasangan calon nomor urut dua, Ir. Darwin Siagian-Ir. Hulman Sitorus.(JP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here