Bidang Penanggulangan Bencana Covid Damkar Latih Para Relawan Depok

0
90

Depok-Zonadinamikanews.com.Tim bidang penyelamatan penanggulangan bencana Covid Kota Depok melatih 25 orang menjadi relawan penyemprotan disinfektan dan fogging pada lokasi-lokasi yang rawan menjadi tempat penularan Covid-19, di Mako Damkar, Kota Kembang – GDC Depok , Rabu (21/10/20).

Kegiatan pelatihan diikuti berbegai elemen organisasi masyarakat antara lain, Lembaga Anti Narkotika ,Gerakan Hidup Sehat , Retana , Lasmura ,Sintas dan Aksi Cepat Tanggap MRI Kota Depok.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Damkar Kota Depok, Denny Romulo Hutauruk saat ditemui media mengatakan,” bahwa Tim relawan penanganan Covid Damkar hari ini melatih relawan untuk bagaimana caranya melakukan mitigasi dengan cara penyemprotan disinfektan dirumah yang terkonfirmasi positif Covid,”ungkapnya.

“Para relawan harus tahu tata cara SOP pemakaian APD dan tehnis penyemprotan.Kami memperkenalkan dua alat penyemprot dan mesin manual, tujuannya bilamana masyarakat meminta permohonan penyemprotan, relawan sudah bisa melakukan beserta timnya ,”tuturnya.

Ditambahkannya,kami berharap para relawan ini mengerti dekontaminasi ,steril untuk dirinya ataupun steril untuk orang lain.Kami bersyukur kepada teman-teman yang memiliki kepedulian terhadap misi kemanusiaan, diharapkan para relawan tetap semangat dalam hal melakukan kegiatan ini berkolaborasi dengan Pemerintah Penanggulangan Bencana Damkar Kota Depok,”jelas Deny.

Kasie Penanggulangan Bencana Damkar Depok Tessi ,sebagai instruktur para relawan menyatakan,”hari ini kami menyelenggarakan pelatihan para relawan penanggulangan bencana Covid 19 .

Materi yang kami sampaikan pada relawan yaitu peningkatan mental rasa percaya diri dalam pelayanan kepada masyarakat , Sosialisasi SOP disinfeksi ,Pengenalan alat-alat disinfeksi , Praktek disinfeksi pada pemakaian alat dari mulai lantai satu sampai lantai dua ,”ungkapnya.

Kebutuhan disinfektan saat ini sangat tinggi, kebutuhan ini harus diimbangi dengan tehnik skill oleh relawan,tadi kami mempertajam untuk tehnik skill dan mental,artinya mereka sudah percaya diri masuk ke ranah TKP PDP positip ,bila ada permintaan warga untuk penyemprotan,para relawan yang telah terlatih , telah siap , karena tehnik yang kami sampaikan sudah sesuai SOP dan seijin dari kami ,” tuturnya.

Baca Juga :  Kasus Korupsi Ini Akan di Bongkar KPK Bersama Polda dan Kejati Aceh

Diterangkan juga , kami mengedukasi para millenial ,walaupun para relawan ada Bapak,Ibu tapi semangatnya millenial,nantinya jika ada kebutuhan dalam kegiatan ini,APD disediakan,setelah diturunkan sarana dan prasarana , komunikasinya harus laporan,karena ada eksekusi dilapangan,”jelasnya.

(ish-des)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here