Pemkab Humbahas Hadiri Rapat Koordinasi Food Estate

0
73

Humbahas,Zonadinamikanews.Com-Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) Provinsi Sumatera Utara menghadiri rapat Koordinasi Food Estate yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Tonny Sihombing, M.IP bertempat di Labersa Toba Hotel & Convention Center, Balige, Toba Samosir (16/10).

Rapat koordinasi Food Estate membahas tentang percepatan pelaksanaan program super prioritas pertanian pengembangan food estate berbasis holtikultura Provinsi Sumatera Utara dengan Agenda utama pembahasan progres out put kegiatan dan laporan realisasi keuangan pelaksanaan food estate Sumatera Utara.

Narasumber yang hadir dalam rapat ini Mewakili Marves, Muhammad Saleh Nugrahadi, S.Si., Ph.D, Kepala Balai Besar BMKG Sumut, Edison Kurniawan, S.Si., M.Si, Kepala Badan Litbang Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, Kepala Badan BKP Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng.

Sambutan Bupati Humbahas yang dibacakan Sekda mengatakan,mayoritas penduduk Humbang Hasundutan 85% bermata pencaharian sebagai petani. Pertanian holtikultura di daerah Humbahas ini sangatlah potensial untuk dikembangkan agar menjadi sentra pendukung lumbung pangan melalui program Super Prioritas Pertanian Potensial (SP3) di lahan khusus berkualifikasi tinggi dengan komoditas tertentu.

Pengembangan kawasan food estate di Kabupaten Humbahas bertujuan untuk membangun kawasan hortikultura terpadu yang berdaya saing, ramah lingkungan dan modern. Mendorong sinergitas dengan stakeholder dan mendorong terbentuknya kelembangaan petani berbasis korporasi.

Sedangkan untuk sasarannya adalah meningkatkan luas tanam dan produksi komoditas bawang merah, bawang putih,kentang dan memperkuat kerja sama dan sinergi antar petani dengan stakeholder terkait serta menigkatnya kapasitas petani dan terbentuknya Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP).

Lebih lanjut Sekda menegaskan,Pemkab Humbahas sangat mendukung adanya program pengembangan kaawasan food estate berbasis holtikultura dimana nantinya Kabupaten Humbahas diharapkan akan menjadi sentra utama baru bawang merah di Provinsi Sumatera Utara, sentra pengembangan bawang putih untuk subsitusi impor, penyediaan kentang industri secara terpadu, pembenihan, budidaya pasca panen dan pemasaran.(Luhut)

Baca Juga :  Ketua RT 07 RW.13 BMI 2 Dawuan Barat Ingatkan Warga Disiplin Tangkal Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here