RSIA Gebang Medika Tangerang Langgar UU RS No.44- 2009 Izin Layak di Cabut

0
146

Tangerang. ZonadinamikaNews. Pasien Bersalin Cecar Ny. Siti Islamiyah 34 Tahun yang beralamat di Kampung Pisangan Lebak Rt 002/001. Kelurahan Sarakan Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang mengalami tindakan operasi Cecar yang tidak serius dari Pihak dokter yang menanganinya, yang mengakibatkan kondisi kesehatan Siti Islamiyah mengkhawatirkan karena bekas operasi Cecar nya kembali kebuka.

Seblumnya Siti Islamiyah di rawat inap dan di operasi cecar untuk persalinan bayi nya dan di rawat selama seminggu dan dikenakan biaya Rp.21 juta. Sebelum ke RSIA Gebang Medika. Siti Islamiyah di bawa ke Bidan bernama Ojah di Kelurahan Sarakan Kecamtan Sepatan Kabupaten Tangerang.

Karena Bidan Ojah tidak dapat menanganinya lalu pasien di rujuk ke RSIA Gebang Medika. Kecamatan Periuk Kota Tangerang yang bukan wilayah terdekat dengan alamat rumah pasien ( Siti Islamiyah -red) dan Bidan Ojah tidak merujuk ke Puskemas atau RSUD Kabupaten Tangerang.

Atas tindakan ini diduga menghambat pasien dalam aturan yang sesuai dengan pasien rujukan dan UU.RS No. 44. Thn 2009. Di mana Sitii Islamiyah di berikan Hak nya untuk mengurus Jaminan Biaya ( Jamkesda ) nya yang di tanggung Pemda Kabupaten Tangerang.

Siti Islamiyah 34 tahun tidak memiliki jaminan BPJS Kesehatan, namun kenaoa Bidan Ojah tidak merujuk ke RSUD Tangerang atau RS Bersalin yang berkerja sama dengan Pemkab Tangerang Yang bisa menggunakan Jamkesda PemKab Tangerang.

Akhirnya di RSIA Gebang Medika Siti Islamiyah di daftarkan menjadi pasien tunai dan harus bayar biaya perawatan nya sebesar Rp.21 juta tunai. RSIA. Gebang Medika tidak berkerja sama dengan Pemkab Tangerang.

Seminggu lamanya Sitii Islamiyah di rawat di RSIA Gebang Medika dan di ijin kan pulang dokter yang menangani nya. Setelah seminggu di rumah Bayi Siti Islamiyah tidak berumur panjang meninggal dunia.

Baca Juga :  LSM LPAKN Sorot Alokasi DD 2017-2019 Yang Amburadul di Tapsel

Setelah bayinya meninggal bekas operasi cecar nya kambuh lagi terluka dan mengluarkan darah. Siti Islamiyah kembali di larikan keluarga nya ke RSIA Gebang Medika berharap dan meminta pertanggung jawaban pihak RS dan Kebijakan biaya yang harus di tanggung.

Karena suami sudah tidak punya uang lagi. Harapannya dapat keringan biaya dengan cara bayar semampunya dan sisanya di angsur. suami Siti Islamiyah meminta tolong kepada kepala Desa setempat.dan pihak kepala desa meminta bantuan ke DKR Tangerang dan setelah di temui pihak keluarga pasien dan pihak kepala desa sarakan dengan Halimi.(kepala Desa Sarakan.) Ketua DKR Kab. Tangerang Khana. Menjelaskan Siti Islamiyah.

Belum waktunya kontrol yang sudah di tentukan oleh pihak RSIA Gebang pada hari sabtu.tgl 31 oktober 2020.belum sempat untuk kontrol pasien mengeluhkan bekas operasi Cecar nya robek.

Keluarga atau suami panik dan mengambil langkah ke RSIA Gebang Medika kembali dengan harapan agar pihak RSIA Gebang Medika bertanggung jawab bekas operasi cecar nya kembali terbuka.

Sayang, Ternyata Siti Islamiyah tidak mendapatkan kebijakan membayar perawatan ke dua ( 2 ) nya . Harus membayar tunai 10 juta. Kebijakan RSIA Gebang Medika dapat memberikan kebijakan ke Siti Islamiyah dengan syarat apa bila keluarga nya bersedia menyerahkan STNK dan BPKB kendaran sebagai jaminan pembayaran tunai dan kepulangannya.

Atas tindakan pihak RSIA diduga sudah melanggar UU.RS thn 2009, RSIA Gebang Medika harus di cabut ijin operasi RS nya karena tidak menjalankan fungsi sosial RS sesuai dengan UU.RS pasal 29. No. 44. Thn 2009 tersebut dan dapat di pidanakan serta denda 1 Miliyard.

Pihak Dinkes Kabuoaten Tangerang harus bertindak tegas atas kinerja Bidan Ojah yang buka praktek di wilayah Kabupaten Tangerang dan Dinkes Kota Tangerang layak mencabut ijin RSIA Gebang Medika. Yang ada di Kota Tangerang.

Baca Juga :  Sudah PHK Puluhan Karyawan PT.CPP Cikampek Masih di Siksa

Sekali lagi izin RSIa yang di jalan RY PRABU KIAN SANTANG.no 30.GEBANG RAYA ,PERIUK KOTA TANGERANG harus di Cabut.

Demikian di tegaskan oleh ketua Khana DKR kepada awak media ZonaDinamika News.

( B. Argo. P / Bambang. Ir )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here