Bagaimana Kulitas Mutu Pembangunan puskesmas Sedati ?

0
92

Sidoarjo-Zonadinamikanews.com.Proyek pembangunan puskesmas Sedati Kabupaten Sidoarjo yang bernilai Rp 6,991M ini dimenangkan oleh PT Amzar Karya dengan nilai kontrak Rp 5.992.832.788,05, dengan pengawas Konsultan PT Prima Cipta Consultan.

Berdasar pengamatan awak wartawsn ini di lapangan, pembangunan puskesmas Sedati terkesan asal jadi yang dipaksakan, dengan estimasi waktu yang pendek, seperti urugan tanah diketahui tanpa adanya pemadatan dan penyiraman dengan water tangker, yang pastinya esok akan terjadi ambles.

Ditambah lagi rabat lantai cor hanya dengan menggunakan adukan molen, pastinya yang memiliki mutu rendah, yang pastinya tidak mungkin mencapai mutu kualitas seperti yang dimaksut, seperti campuran semen, air, pasir dan koral yang diduga tanpa mengunakan rumus spesifikasi dan tanpa tes terlebih dahulu, dalam spesifikasi sewajibnya menggunakan readmix sehingga menghasilkan mutu kualitas k300.

Dalam hal ini,” Riono jebolan tehnik sipil ikut mengamati dan angkat bicara,” Sebuah pembangunan untuk pelayanan publik, tentunya wajib mengikuti sarat dan ketentuan yang ada, dan jangan sampai terjadi pengurangan kualitas mutu, karena bila ada penyimpangan melawan hukum, dan esok akan menuai kerugian Negara,” ucapnya.

Masih Riono,” Dalam hal ini, patut dicurigai, adanya persaingan tidak sehat dan terjalin menjadi jaringan konspirasi kontraktor, konsultan dan dinas terkait, karena waktu yang sempit, didukung dengan datangnya musim hujan, seperti tidak maksimalnya konsultan dalam bekerja, dan diduga ada manipulasi jadwal laporan pembangunan, dilihat dari proses pekerjaan, seperti yang telah terjadi pengurangan kualitas mutu. K3 kontruksi, mutu volume beton, belum lagi pengawasan yang lain, dan bila nanti di estimasi semua pastinya kami menduga adanya kerugian Negara.” Tutup Riono.
(dr/mr)

Baca Juga :  Kadis Inspektorat Padang Pariaman Disinyalir Lindungi Dugaan Korupsi DD Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here