Keturunan Pusamuna Panjaitan Cari Perkampungan Yang Diserahkan Raja Sijorat

0
319

Toba-ZonadinamikaNews.com.Sabtu 12 September 2020 kejumlah keturunan Pusamuana Panjaitan melakukan kunjungan ke desa Sitorang kecamatan Silaen kabupaten Toba tepatnya di tuhuta siabal -abal.

Kunjungan itu tidak lain untuk melakukan pencarian tempat perkampungan Pu Samuana yang diserahkan oleh Raja Sijorat Paraliman Sihotang Parlabuan Panjaitan.

Nama perkampungan itu disebut Huta Siabal-abal, yang terletak di desa Sitorang yang merupakan warisan yang diserahkan pada waktu ribuan tahun yang silam.

Dalam penelusuran tanah warisan itu, ditemukan suatu lokasi makam keramat yang diduga sudah berusia ribuan tahun, yang diduga merupakan makam keluarga keturunan Pu Samuana Panjaitan.

Selain makam, ditemukan juga mata air tua yang diduga sebagai tempat pengambilan air minum keperluan hidup para keluarga Pu Samuana Panjaitan, yang terletak disudut perkampungan tersebut.

Tonton Liputanya disini

Menurut tetua yang tinggal disekitar perkampungan tersebut mengatakan, bahwa Pu Samuana Panjaitan disebut juga nama panggilannya Sanggak Naiborngin, nama itu cukup terkenal ditengah-tengah keluarga besar marga Panjaitan.

Karena nama itu dikutip dari nama leluhurnya yaitu Situngo Naiborngin Panjaitan. Jadi Pu Samuana atau Sanggak Naiborngin merupakan generasi ke V dari Raja Panjaitan.

(Bismar Panjaitan)

Baca Juga :  Ketekunan Menghasilkan Keindahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here