PWOIN Kota Depok Serahkan Sertifikat Pra UKW Tahun 2020

0
64

Bogor-ZonadinamikaNews.com.Pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Online Independen Indonesia Nusantara (PWOIN) Kota Depok menggelar acara pembubaran panitia Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Tirta Ciburial, Cinangneng, Bogor, Jawa Barat, Minggu, (6/9).

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan sertifikat Pra UKW kepada seluruh anggota PWOIN Kota Depok yang telah mengikuti Pra UKW yang sebelumnya dilaksanakan pada Senin 27 juli 2020 di Gedung Pemuda KNPI Jalan Merdeka Raya, Depok, Jawa Barat.

Ketua PWOIN Kota Depok Benny Gerungan menyampaikan, tujuan digelarnya Pra UKW beberapa waktu lalu guna meningkatkan standarisasi dan kemampuan para wartawan, khususnya anggota PWOIN Kota Depok.

“Nantinya, peserta yang telah mengikuti pelatihan jurnalis atau pra UKW dapat mengikuti UKW dan tentunya sudah tidak demam panggung,” kata Benny kembali mengingatkan kepada anggota yang hadir hari itu.

Sedangkan terkait proses dari nilai pelatihan jurnalistik yang sudah ditempuh oleh tiap peserta, menurutnya walapun hasilnya tidak disampaikan secara tertulis namun semua peserta berhasil memperoleh nilai yang cukup baik.

“Hasil dari tes penulisan yang kami cek yang dari email yang dikirim oleh peserta Pra UKW kami print out dan hasilnya ada beberapa yang tulisannya perlu disempurnakan lagi agar kedepan bisa lebih matang lagi,” ungkapnya.

Menurut Benny, semua peserta yang mengikuti Pra UKW hasilnya cukup baik, dan tidak ada peserta yang tidak bisa menulis dengan memenuhi unsure 5W1H.

Kedepannya, Ketua PWOIN Kota Depok itu berharap setelah menerima pemaparan materi kode etik jurnalistik dari penguji pada saat mengikuti Pra UKW, para anggota yang menjadi peserta selalu menjaga marwah jurnalistik dalam setiap menjalankan tugasnya sebagai wartawan.

“Saya harap semua anggota PWOIN Kota Depok dapat menjaga Kode Etik Jurnalistik dan menjunjung tinggi Undang-undang (UU) Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999, karena itu pedoman wartawan Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga :  Rekomendi Untuk FHI Dari KONI Akhirnya Keluar

Pada acara hari itu juga tampak hadir Sekretaris PWOIN Kota Depok Surat Surachman, Bendahara Yuni Fatia, pengurus organisasi dan wartawan dari berbagai media yang telah mengikuti Pra UKW.

Acara penyerahan sertifikat Pra UKW PWOIN juga dilakukan secara simbolis oleh pemilik Tirta Cibuliar Umi Suhartini yang diberikan kepada wartawati Rohana Marsitta Uli yang menjadi salah satu peserta Pra UKW angkatan pertama.
(ish-des)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here