Ormas LAKI Minta BPK Audit Dana Bimtek Peningkatan Opratur Desa di Kabupaten Aceh Timur.

0
246

Aceh Timur – ZonadinamikaNews.com — Ketua (LAKI) Laskar Antikorupsi Indonesia perwakilan Aceh Timur Saiful Anwar , meminta BPK Prov.Aceh untuk mengaudit Dana Desa Yang Digunakan Untuk Bimtek (bimbingan teknis) Oparatur Desa kabupaten Aceh Timur, khususnya penggunaan dana desa di bidang Pemberdayaan Masyarakat Untuk Bimtek .kamis (17/09/2020) Pagi.

 

Ketua Laki Aceh Timur Saiful Anwar mengatakan beberapa Minggu terakhir ini Lembaga nya Menyoroti dan mengawasi Dana bimtek peningkatan opratur desa di Duga terjadi korupsi ‘ di Seluruh Desa Kabupaten Aceh Timur, dimana desa tersebut ada warganya melaporkan ke (LAKI) Aceh Timur terkait Banyak nya masyarakat belum menerima BLT juga tidak menerima bantuan sembako dalam pandemi covid 19 , seharus nya pemerintah desa memperhatikan masyarakat , untuk membantu masyarakat menangani pandemi Covid 19 . adanya dugaan ketidak jelasan Penggunaan dana desa ke bimtek peningkatan opratur desa, masyarakat meminta kepada pemerintah desa untuk di informasi kan Ke masyarakat apa apa saja pengunaan  Dana desa dalam kegiatan Bimtek Peningkatan opratur desa  di seluruh desa yang ada dikabupaten aceh Timur.

Terkait hal tersebut, Saiful Anwar mengatakan, Apa lagi bimtek tersebut tidak mempunyai rekomdasi dari kementrian ,patut diduga terjadi korupsi .“Dan memang benar apa yang disampaikan warga desa tersebut, bahwa benar banyak Nya Masyarakat tidak Mendapat BLT dan sembako di Desa Desa, itu masih Sangat kacau dalam pengelolaan Dana desa Menangani Covid 19,” jelas Saiful Anwar.

Dan ia menambahkan, kekacauan yang paling mendasar adalah faktor Dana Covid 19 untuk masyarakat belum habis terealisasi desa kok dana desa di gunakan untuk Bimtek , dan banyak pula dari unsur perangkat desa belum menerima honorium nya Dari bulan maret sampai bulan september 2020 .belum terealisasi nya.

Baca Juga :  Waspada Sudah Mulai Pencurian Motor Dalam Suasana Covid-19

Dalam persoalan Dana Bimtek yang bersumber dari dana desa , masyarakat Meminta KPK dan BPK  khususnya di desa-desa Kabupaten Aceh Timur , itu perlu menjadi perhatian pimpinan pusat, dalam hal ini  agar supaya cepat KPK Dan BPK  Untuk mengaudit dana pelatihan ( Bimtek) yang di duga bermasalah.

Laskar antikorupsi indonesia setiap desa desa untuk penanganan dana pandemi covid 19 tersebut untuk kesejahteraan masyarakat setempat, justru diduga dana desa dibuat sebagai ladang Korupsi untuk kepentingan pemerintah desa dan perangkat desa. Seharus nya digunakan untuk penanganan covid 19. Ungkap Saiful.

Sejak dikucurkannya dana desa 2015 yang lalu Sampai sekarang Kegiatan Bimtek dan Studi Banding sering dilakukan desa minimal sekali setahun padahal tidak ada manfaatnya, hanya kesenangan yang mengikuti bimtek saja.

“Maka dari itu Ormas laskar antikorupsi indonesia  meminta kepada presiden RI  agar memerintahkan KPK dan BPK  sesegera mungkin melakukan atau mengaudit dana desa yang bermasalah, supaya jangan menjadi kebiasaan para  pengguna anggaran bimtek dan dana desa yang digunakan untuk yang lain nya” tandasnya saiful. untuk di lakukan audit, sehingga masyarakat dapat kejelasan peruntukan nya untuk apa dan seberapa manfaat yang telah diberikan  program bimtek tersebut.(zdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here