Kades Cikampek Timur di Kurung Oleh Kejaksaan Karawang

0
294

Karawang-ZonadinamikaNews.com.Kamar baru untuk Kamaludin (48), Kepala Desa Cikampek Timur, Kecamatan Cikampek setelah dijemput paksa pihak Kejaksaan Negeri Karawang, Selasa siang, 29 September 2020.

Karena yang bersangkutan harus menjalani hukuman selama 2 tahun karena telah menipu Momon seorang pengusaha, sehingga korban menderita kerugian Rp 270 juta.

“Kamaludin dijemput jaksa dan aparat dari kepolisian seusai memimpin rapat di kantor desanya,” ujar Kepala Kejari Karawang, Rohayatie.

Dijelaskan, pihak Kejaksaan harus mengeksekusi Kamaludin setelah turun putusan Mahkamah Agung yang menyebutkan dia memang bersalah.

Putusan MA itu bahkan telah terbit sejak Desembar 2019 silam.

Namun, setiap dipanggil Kamal, tidak bersedia memenuhi panggilan Kejaksaan.

“Kami sudah memanggilnya tiga kali.Tetapi hingga sembilan bulan terlewati sejak terbitnya putuasn MA, Kamaludian tidak datang,” ujar Rohayatie.

Dalam kesempatan itu, Kajari menjelaskan kronologi tindak pidana penipuan yang dilakukan Kamaludin.

Awalnya dia meminjam uang kepada korban Momon Rp 270 juta dengan dalih untuk berdagang telur.

Terpidana menjanjikan akan memberi keutungan dari hasil usaha tersebut. Namun, pada kenyataannya terpidana tidak pernah menjalankan usaha berjualan telur.

“Hingga sekarang utang kepada korban tidak dibayar. Terpidana malah berjanji lagi akan berbisnis rumah kontrakan dan memberi keuntungan kepada korban Rp 5 juta per bulan. Janji itupun meleset,” kata Rohayatie.

Kasus tersebut, lanjutnya, sempat disidangkan di PN Karawang pertengahan 2019. Oleh Jaksa Penuntun Umum dia ditutut 2 tahun penjara. Namun, hakim Pengadilan Negeri Karawang memvonisnya bebas.

Tidak puas atas putusan itu, JPU kemudian mengajukan kasasi ke MA. Pada Desember 2019, keluar keputusan kasasi dan terpidana harus ditahan.(nano)

Baca Juga :  Pura-Pura ke Kamar Mandi, Tahanan Narkoba Polda Sumsel Kabur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here