BKPN Dengan Nias Selatan Sesuatu Yang Tidak Dapat Dipisahkan

0
102

NIAS SELATAN–Zonadinamikanews.com Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Elisati Halawa,ST., mengatakan Banua Keriso Protestan Nias (BKPN) dengan Nias Selatan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena BKPN mempunyai peran yang sangat besar untuk menjadikan Nias Selatan menjadi sebuah daerah otonomi sebagaimana yang kita nikmati hingga saat ini.

Hal ini dikatakan Ketua DPRD Nisel, Elisati Halawa,ST., pada saat melakukan kunjungan kerja, di Kantor Sinode BKPN, Jumat (18/09), bersama Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Anggota DPRD, Samahato Buulolo, Ir. Budirahman Maduwu, dan Memoris Fau,SH, serta Kepala Dinas PUPR, Erwinus Laia,S.Sos.,MM.,MH., Kepala Dinas Disbudparpora, Anggreani Dachi,SP.,M.Si., Kepala DKP, Seksama Sarumaha,S.IP.,M.A., Kepala Dinas Perindag, Marthin Ley,SE.,MM., Kepala Dinas Sosial, Intansani Haria,SE.,MM., dan Camat Fanayama, Arifman F. Wau,SS.,MM.

Pada tanggal 29 Juli 2020 yang lalu pimpinan Sinode BKPN telah melakukan audensi kepada Ketua DPRD Nisel dalam rangka menjalin kemitraan dengan lembaga legislatif untuk saling bersinergi dalam mewujudkan pertumbuhan gereja yang baik dan pembangunan daerah yang religius. Sehingga Ketua DPRD Nisel menidaklanjuti dengan melakukan kunjungan kerja untuk mendengar keluhan dan masukan secara langsung dari Sinode BKPN.

Elisati Halawa mengatakan satu-satunya sinode yang ada di Nias Selatan adalah sinode BKPN, maka pantas sebuah kewajiban dan keharusan bagi kita untuk bersama-sama membangun BKPN. “Harapan kita untuk memikirkan pengembangan BKPN tidak hanya tanggung jawab warga jemaat BKPN saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab Anggota DPRD dan Kepala OPD yang dari BKPN,” harap Elisati Halawa.

Untuk menanggapi paparan Ephorus tentang kondisi kantor Sinode BKPN, Elisati Halawa dalam penyampaiannya mengungkapkan bahwa dengan kunjungan Anggota DPRD bersama Kepala OPD pada hari ini, maka harapan itu yakin pasti terwujud. “Ketika semangat terbesar kita itu ada, maka apapun yang kita rencanakan saya yakin pasti terwujud. Dengan kita mulai kebersamaan itu hari ini, pasti besok akan lagi bertambah yang turut serta memikirkan, melaksanakan dan mewujudkan (kantor sinode BKPN menjadi sebuah ikon Nias Selatan),” ucap Halawa.

Baca Juga :  Kabar Baik lagi dari Agam, Pasien Positif Corona ke-18 Sembuh

Dalam sambutan Ephorus BKPN, Pdt. Dr. Foluaha Bidaya,M.Th., mengatakan kunjungan kerja Pimpinan dan Anggota DPRD bersama Kepala OPD merupakan sebuah kehormatan dan anugerah dari Tuhan untuk BKPN. Ia menjelaskan lahirnya BKPN sejak 26 tahun yang lalu selain didorong dengan semangat karena kebutuhan pelayanan dalam bidang keagamaan, dan juga karena faktor lain diantaranya pembagian wilayah sejak kolonial Belanda dan Jepang hingga pementukan Kabupaten Nias Selatan.

 

“Sehingga pada perjuangan pemekaran Kabupaten Nias Selatan menjadi satu daerah otonomi, BKPN mempunyai peranan penting, baik melalui jalur organisasi Sinode maupun melalui para tokoh dan warga BKPN. Dengan sejarah itu, salahkah kami bila Pemerintah Daerah sedikit memberi perhatian yang lebih untuk BKPN…?” ujar Ephorus Pdt. Foluaha Bidaya.

Selanjutnya Ia menyebutkan bahwa perhatian yang diberikan oleh Pemeritah Daerah selama ini membuatnya merasa bangga melalui pemanfaatan Sumber Daya Manusia dari BKPN dimana hingga saat ini mereka masih menjabat sebagai Kepala Dinas, Sekretaris, Kepala Bagian, Camat, Kepala Bidang dan Kepala Seksi (setara eselon II, III dan IV). “Kiranya perhatian seperti ini akan terus berkelanjutan di masa yang akan datang,” harap Bidaya.

Seusai Ephorus BKPN menyampaikan sambutan, selanjutnya Benonius Servistan Bidaya,ST., selaku Tim penyusun konsep pembangunan Kantor Sinode BKPN memaparkan Rencana Anggaran Biaya dan Design (gambar) sebagai bahan masukan kepada DPRD dan Kepala OPD yang hadir pada saat itu. Atas paparan tersebut membuat tamu dan undangan tertarik, bahkan Ketua DPRD Nias Selatan mengakui sangat menakjubkan.

Kedatangan Pimpinan dan Anggota DPRD bersama Kepala OPD di Kantor Sinode BKPN, Jalan Saonigeho Km. 4 Telukdalam, Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara disambut baik oleh MPHS, MPS, MPLS, Pendeta dan Tokoh BKPN. Diantaranya, Ephorus BKPN, Pdt. Dr. Foluaha Bidaya,M.Th., Sekjen, Yudika Wau,M.Th., Bendum, Bowozifaulu Laia,S.Th., Kepala Bidang Pelayanan dan Organisasi, Anarota Gaho,BA., Hans Martin Wau,SE., Manaro Harefa, Pdt. Ade Prihatini Wau, Arisman Sarumaha,SE, Roseli Duha,SE., dan Walaupun Sarumaha,S.Pd.,M.A.,M.I.P. (timliputandiskominfonisel)

Baca Juga :  Jembatan Penghubung Way Sulan, Candipuro, Ketibung Jebol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here