Peningkatan Jl Damarsih (lanjutan) Terindikasi Merugikan Negara

0
117

Sidoarjo-ZonadinamikaNews.com.Pembangunanjalan Damarsih (lanjutan) Kecamatan Buduran pada akhir tahun anggaran 2019 yang lalu, menampakan kerusakaannya yang menimbulkan kegagalan kontruksi, yang menjadi acuan menimbulkan kerugian negara.

Seperti jalan beton di jl Damarsih Kecamatan Buduran ini mengalami pecah dan retak melintang tak beraturan. Diketahui pekerjaan ini direncanakan konsultan perencana CV Global Prisma Consulindo, dan diduga menjadi konspirasi oknum pejabat PU Bina Marga Kabupaten Sidoarjo dengan nilai paket Rp 1M lebih.

Dari temuan tim investigasi awak media ini, dari awal pekerjaan terlihat beberapa keganjilan dengan mengurangi beberap item pekerjaan, seperti tidak dipasangnya dowel suport. Ditambah tanpa wiremesh (rangkaian kawat beton), dan tidak dipasangnya bekisting tepi. Secara otomatis pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi rencana dan di anggap gagal kontruksi.

Lebih lanjut, awak media ini mengkonfirmasi dan klarifikasi ke Mujiono selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang dihubungi lewat selulernya akan tetapi tidak menghiraukan, bisa dikatakan tutup mata, padahal hal ini mutlak tanggung jawan PPK sebagai pengguna anggaran.

Disisi lain, Rosyid wakil ketua devisi pengaduan LSM Korak memperhatikan pekerjaan tersebut dan mengatakan,” Ini tidak bisa dibiarkan, seorang pejabat PPK mempunyai tugas dan ikut berperan penting dalam menetapkan rancangan kontrak, menetapkan HPS, menguji kebenaran, keabsahan, dan kelengkapan dokumen serta pembebanan anggaran.

Masih Rosyid,” Dari semua konsekuensi hukum itu paling berat adalah adanya perbuatan melawan hukum dan merugikan negara, sangsi hukum perbuatan pidana adalah penjara. Patut di duga adanya permainan dalam mengerjakan sehingga pekerjaan yang baru selesai dalam usia seumur jagung ini, baru selesai di kerjakan sudah banyak yang pecah dan retak retak.

Maka segala penyimpangan wajib kita laporkan, apalagi Kabupaten Sidoarjo masih hangat dengan kejadian awal tahun ini dengan kasus korupsi besar, jangan jangan ini ada rentetan keterkaitannya, dan ini harus segera dibongkar habis habisan.” Tegas Rosyid.
(dr)

Baca Juga :  Kejaksaan di Minta Selidiki Dugaan Penyimpangan DD di Desa Cipondoh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here