Kades Sitorang Kabupaten Toba Budayakan Sanggar Seni,Untuk Majukan Sitorang

0
220

Toba_Zonadinamikanews.com.Sanggar seni adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan untuk berkegiatan seni seperti seni tari, seni lukis, seni kerajinan dan lain-lain. Kegiatan yang ada dalam sebuah sanggar seni berupa kegiatan pembelajaran tentang seni, yang mencakup proses dari pembelajaran, peningkatan produksi dan semua proses hampir sebagian besar dilakukan di dalam sanggar.

Sanggar seni termasuk ke dalam jenis pendidikan nonformal. Sanggar seni biasanya didirikan secara mandiri atau perorangan, mengenai tempat dan fasilitas belajar dalam sanggar tergantung dari kondisi masing-masing sanggar.

Keberagaman seni dan budaya suatu daerah menjadi penarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri untuk mengunjungi suatu wilayah. Dalam perkembangannya, berbagai aspek dapat mempengaruhi maju mundurnya dan berada dalam suatu daerah yang kaya dan budaya tersebut agar tidak hilang ditelan zaman yang salah satunya keberadaan sanggar seni pemerintah kabupaten. Dengan adanya sanggar seni yang terkenal di beberapa desa di suatu daerah diharapkan semakin banyak anak-anak generasi penerus bangsa dapat mengalirkan hobi mereka di bidang seni. Dan secara tidak langsung mereka dapat melakukan pelestarian budaya daerah agar tidak punah.

tonton vidionya

Maka dari itu penting adanya sanggar seni yang memiliki guru-guru seni yang dapat melatih anak-anak sejak dini dalam berlatih dan mengasah kamampuan mereka dan mampu bersaing dengan seniman-seniman lainnya.

Oleh karena itu, desa Sitorang ingin memberikan percontohan kepada desa yang lain untuk saling mempertahankan budaya Batak yang saat ini nelalui sanggar seni budaya batak yang di adakan di Sitorang kecamatan Silaen kabupaten Toba Sumatra Utara, membangun sebuah Sanggar Seni Budaya Batak.Sanggar seni ini bertujuaan untuk menampung aspirasi dan bakat masyarakat di bidang seni budaya anak-anak, remaja, dewasa dan lansia.

Baca Juga :  Desa Nagari Pasia Lawen Kabupaten Agam Punya Kebun Bibit Buah dan Tamanan Lain

demikian dikatakan oleh Kepala Desa Sitorang bapak Sirus Panjaitan, seraya menambahkan, dalam sangar seni pihaknya sudah melakukan pelatihan beberapa hari yang lalu dan malam ini Sabtu 8 Agustus 2020. “Kami sudah melakukan pelatihan dan juga melakukan pelatihan live streaming langsung dari desa Sitorang kecamatan Silaen kabupaten Toba Sumatra Utara” terangnya.

dikatakan, Kkami telah mengundang pemain seni musik seperti crop Gondang acara ini dilaksanakan sebagai dorongan dan hiburan kepada masyarakat Sigur (Sitorang Huta gur-gur) dan sekitarnya juga untuk menggalangan dana dalam rangka penyediaan peralatan musik sanggar.

Adapun nama-nama personilnya adalah sebagai berikut:Pemain musik yaitu Martogi Sitohang, sebagai pemain suling,Nasip Sihombing sebagai pemain musik dan Pariang hutahayan, Maruddin pemain hadapi,effrain silutonga pemain Taganing,Hermanto Naipos-pos pemain Grantung,Salomo Sijabat pemain Sarune,Gran Sirait.dan Marlina Sirait sebagai penyanyi

(Bismar Panjaitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here