TRC dan RAPI 03.13 Kabupaten Agam, Dipimpin Langsung Hj. Sita Tusti, Cari Korban Hilang Rio di Laut Tiku

0
163

TANJUNG MUTIARA – Zonadinamikanews.com.Tim Reaksi Cepat (TRC) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 03.13 Wilayah Kabupaten Agam, dipimpin langsung ketua Hj. Sita Tusti, ikut bergabung dalam pencarian korban hilang Rio di laut Tiku dan bergabung dengan tim di Darmaga Pol Airud Polres Agam, Minggu (2/8) di Muaro Putuih, Nagari Tiku Limo Jorong.

Keikutsertaan TRC RAPI Agam dalam peristiwa pencarian orang hilang Rio (35 tahun) Minggu (27/7) saat memancing dan dinyatakan tidak bertemu oleh rekannya. Dengan bergabungnya TRC RAPI Agam sebagai penambahan informasi dalam pencarian warga yang tempat dan lokasinya sulit dijangkau sinyal Handpohone dan jauh dari jangkauan jaringan internet.kata Bundo

Satu-satunya alat komunikasi yang bisa dipakai adalah radio, untuk menyampaikan informasi kejadian dilapangan, kata Sita Tusti

Bagaimana kedepan para petani nelayan kita yang akan melaut dapat terdata dan terdaftar di posko keamanan laut dan pengelola TPI di.Pasir Tiku, agar kelak bila terjadi insiden kita cepat mengetahui warga yang terdampak saat melaut,

Kasat Pol Air Polres Agam Iptu Yonesri, saat ditemui di Muaro Putuih, membenarkan apa yang disampaikan Bundo RAPI Agam bagus sekali, dimana saat akan melaut diminta menginformasikan dan mendata nama-nama.yang.akan melaut menangkap ikan. Sehingga bila terjadi insiden kita di darat dapat mengetahuinya.

Dalam waktu dekat kita dari pihak Pol Air bekerjasama dengan pihak magari dapat menganggarkan untuk pelatihan cara penanggulangan nemcana.bagi warga yang hanyut, tenggelam atau dimakan buaya. Bagai cara menolong lebih awal harus dipejari.oleh pemuda di daerah yang dipinggir pantai Nagari Tiku Selatan dan Tiku V Jorong, kata Yonesri didampingi Bripka Ronny Martel.

Terkait pencarian korban hilang Roni di laut Tiku, sampai saat ini belum ditemukan oleh tim. Apalagi pencarian bari ke 6 tim cukup kewalahan cuaca yang tidak bersahabat gelap dan ombak cukup tinggi. Dengan sendirinya tim kembali merapat ke darmaga Pol Air di Muaro Putuih kata Danru Basarnas Ikhlas di Posko setelah sampai di Darmaga.

Baca Juga :  Hilang Kendali, Mobil Carry Hantam Mobil Mitsubishi Kuda Ditikungan Tangga Batu 4 Luka Luka

Namun bila cuaca memungkinkan tim akan kembali turun menyisir pencarian ke lokasi yang sama bersama 3 kapal brip Basarnas, perahu nelayan dan perahu karet.

Dikatakan Danru Ikhlas, bila melihat cuaca pada malam hari nanti terutama arah angin, kita akan berupaya mencari arah angin semalam sebagai patokan pencarian pagi Senin (3/8) yang merupakan hari terakhir pencarian.

Saat ditanyakan Nagaripost terhadap tim pencari, Danru Ikhlas menyebutkan bahwa tim perahu nelayan memang melihat ada posiai warga terapung ditengah laut siangnya, namun.karrna tidak ada sinyal untuk memberi informasi ke posko, harus keluar dari lokasi sejauh hampir 1.mill.

Informasi yang kita terima di posko tim langsung bergerak menunu titik koordinat yang sudah dikirim tim lapangan, namun setelah sampai di titik koordinat yang sama, tidak ditemukan.

Setelah mencari disekitar lokasi dan bahkan sampai titik hampir 30 mill, sikorban belum ditemukan. Mengingat sudah memasuki waktu maghrib 18.30 Wib tim kembali ke.posko. Pencarian dilanjutkan esok (menunjuk hari Minggu 2 Juli). Namun belum membuahkan hasil kata Ikhlas dan Ronny M didampingi anggota tim Basarnas, Pol Air, Wali Nagari Tiku V Jorong dan Tim TRC RAPI Agam yang dipimpin langsung Hj. Sita Tusti / Bundo, bersama 6 anggota TRC RAPI Agam yang ikut bergabung, kata Ikhlas ( Zona-Y2 )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here