Ketua LSM GPRI DPD Sumut,Antara Korupsi dan Pilih Pemimpin Pro Rakyat

0
332

Sumut-Zonadinamikanews.com.Jhon Feteri Girsang ketua Dewan Perwakilan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Gempar Peduli Rakyat Indonesia (LSM GPRI DPD SUMUT) pemilihan kepala daerah untuk pemerintahan kota medan provinsi sumatera utara tahun ini akan digelar,apakah sudah tahu kriteria calon pemimpin yang akan dipilih? Apakah calon pemimpin tersebut pro rakyat dan punya nyali melibas para pencuri uang rakyat? Disini masyarakat kota medan harus berani ambil tindakan, dari menolak tansfor ke tempat pemilihan suara, karena kita tahu, saat ini sumut masih dalam kategori kelas tinggi dalam pelaku dugaan korupsi.

Saya masih sepakat dengan penilaian dari Lili Pintauli Siregar,tegas Jhon Girsang,  bahwa pemkot medan belum dijalankan dengan sungguh-sungguh.Karenanya, budaya koruptif masih terus terjadi.selain sistem yang masih belum berjalan dengan baik, penegakan hukum juga belum maksimal.

Oleh sebab itu, Jhon Girsang mengharap peran serta masyarakat dalam pemberantasan ini. Karena tidak bisa berjalan sendiri, satu sama lain pasti ada hubungannya. Maka itu, tidak bisa bahkan,KPK sifatnya secara pencegahan sudah maksimal. Sosialisasi, diseminasi, pendampingan, monitoring, kemudian merekomendasikan beberapa perbaikan aturan-aturan yang ada, telah dilakukan.

“Apakah kota kita, daerah kita mau benar-benar sejahtera dan baik. Maka pilihlah pemimpin yang berintegritas, profesional dan yakin bahwa dia mampu untuk menjalankan amanat rakyat,Dan jangan menggunakan politik uang. Karena tidak akan pernah sehat, dan tidak akan pernah memberikan kecerdasan bagi masyarakat,” pesannya.

Baik dari penegak hukum yang harus lebih progresif. Kita melihat penegakan hukum belum maksimal dalam memberantas korupsi. Tapi yang paling penting bagi kami, peran masyarakat. Karena dalam banyak kasus, tidak bisa bantah juga adanya masyarakat yang masih permisif, misalnya untuk hal yang kecil, misalnya dalam mengurus surat kelurahan atau mengurus berkas di kantor perizinan dan diduga suka ada yang selip sedikit uang.

Baca Juga :  Banten Harus Lepas dari Politik Dinasti

Jadi semuanya berdampak. Makanya penting peran masyarakat ini. Masyarakat juga harus konsisten dalam upaya pencegahan korupsi dan bersama-sama memantau apa pembangunan yang terjadi dan kebijakan-kebijakan yang dilakukan di Kota Medan,” tandasnya.(zdn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here