Rawan Terjadi Korupsi, LSM GMBI Minta Kawal Penggunaan Dana BO

0
196

Banda Aceh-Zonadinamikanews.com. Penggiat anti korupsi dan aktivis LSM GMBI merespon keluhan dan laporan sejumlah warga soal pemanfaatan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang sering tak sesuai petunjuk teknis (juknis) yang telah ditetapkan. Mereka meminta kepala sekolah untuk menggunakan dana BOS sesuai aturan dan transparan.

“Pengelolaan dana BOS harus dilakukan secara terbuka oleh kepala sekolah dengan melibatkan Dewan Pendidikan (DP) dan Komite Sekolah (KS). Ini agar pengelolaan dana BOS tidak menjadi masalah dan dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah penerima dana BOS” ucap Ketua GMBI Zulfikar , Sabtu (8/8/2020).

Dalam penilaiannya, dana BOS rawan dikorupsi dan diselewengkan. “Kami menggajak semua kalangan mengawal penggunaan dana BOS. Ajakan ini kami dengungkan demi masa depan generasi penerus bangsa,” ujar Zulfikar.

Wakil Sekertaris GMBI Aceh mengamini pernyataan Ketua GMBI Zulfikar. Ia mennyebut anggaran yang digunakan untuk kegiatan sekolah itu memang rawan disalahgunakan.

“Kami mendapati ada beberapa modus kepala sekolah yang sengaja tidak melibatkan Komite Sekolah dalam kepengurusan dana BOS. Dana hanya dikelola oleh Kepsek dan bendahara dengan tidak transparan, Penyusunan RAPBS yang bermasalah (sering dimark-up/mark-up jumlah siswa), Kepsek membuat laporan palsu, pembelian alat/prasarana sekolah dengan kuitansi palsu/pengadaan alat fiktif”

Ketua GMBI Zulfikar mengimbau masyarakat untuk berani melaporkan ke aparat penegak hukum jika pengelolaan dana BOS hanya dilakukan oleh kepsek dan bendahara sekolah tanpa melibatkan DP dan KS. “Jika ada kepsek yang mengelola dana BOS tanpa melibatkan DP dan KS harap dilaporkan ke penegak hukum. Lembaga GMBI siap mengawal laporan tersebut jika ada bukti-bukti melanggar juknis dana BOS yang merupakan pelanggaran aturan penggunaan dana BOS,’’ ujar Zulfikar. (TIM)

Baca Juga :  Praktek Pengobatan Ilegal Bebas Beroperasi, Dinkes Tutup Mata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here