Penggunaan Dana BOS SD N 173565 Parsambilan Dituding Tanpa Rapat Komite Sekolah

0
330

Toba -zonadinamikanews.con. Sungguh miris bila saat ini ada pihak tertentu yang dengan sengaja menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS tanpa berdasarkan hasil musyawarah antara pihak pengelola sekolah dengan para Komite Sekolah tersebut.

Bila hal ini terjadi, maka tidak mungkin akan menimbulkann sejumlah kecurigaan kalangan masyarakat sekitar sekolah khususnya bagi anggota Komite Sekolah, sebab akan timbul tudingan terhadap upaya pengelola sekolah untuk memperkaya diri sendiri.

Seperti halnya terjadi di salah satu Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Silaen, dimana oknum kepala sekolah diduga telah menggunakan dana BOS tanpa mengadakan rapat dengan para anggota Komite Sekolah.

Apalagi dalam situasi PANDEMI Virus Covid19 saat ini yang mana masih belum bisa ditundukkan para pihak medis, dimana pencairan dana BOS tetap tersalurkan ke sekolah sekolah dan yang pasti harus mendapat pengawasan yang serius dari pihak komite maupun lainnya.

Ketua komite Sekolah M.Sitorus saat di konfirmasi media zonadinamikanews, ” Menerangkan bahwa Musyawarah Rapat Komite Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS) tidak pernah diundang oleh oknum kepala sekolah.

“Juga Ketua Komite menambahkan bahwa tidak pernah menandatangani peruntukan dana bos.
Itupun kalau ada tangan yang dibuat Oknum Kepala sekolah itu bukan tangan saya,berarti itu sudah perlu dipertayakan,” ungkap Ketua komite.

Kepala Bidang Kurikukum dan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Toba, Albert Panjaitan saat dikonfirmasi pada Senin (24/8/2020) dengan tegas meminta agar semua pihak pengelola sekolah mulai tingkat SD hingga SMP dalam penggunaan dana BOS harus melalui rapat komite.

Albert sangat menyayangkan bila masih ada oknum Kepala Sekolah yang menggunakan dana tersebut tanpa melalui rapat komite. “Penggunaan dana Bos harus melalui rapat komite, itu harus! Tidak boleh tidak!” tegas Albert Panjaitan. (JP).

Baca Juga :  Cikal Bakal Permainan "Segel-segelan"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here