Ketua LSM GPRI DPD Sumbar Tantang Kadis PUPR Padang Pariaman Tunjukan Dokumen Pembatalan Pemenang Tender

0
586

Padang Pariaman-Zonadinamikanews.com. Pernyataan bahwa sudah menjadi prioritas pada kegiatan Amblasnya jalan penghubung tiga Kec 1V Koto Timur/  V Koto Timur dan Kcm Sungai Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Prov Sumatera Barat, dimana Kepala Dinas PUPR Kabupaten Padang Pariaman Deni Irwan, ST,MT bahwa sudah dianggarkan pada tahun 2020. “Karena kegiatan tersebut Sudah dianggarakan th 2020 ini , serta  sudah selesai juga proses lelang/tendernya, Tapi karena situasi dan kondisi pandemi Covid 19 kegiatan yang ada di Dinas PUPR di potong semuanya dan dirasionalisasi oleh tim anggaran / DPKA  ,termasuk ruas jalan yang ini. (jalan penghubung tiga Kec 1V Koto Timur/  V Koto Timur dan Kcm Sungai Sungai Geringging-red).

Atas pembatalan pemenang tender sebagaimana dikatakan Deni Irwan, ST,MT selaku kepala dinas PUPR Padang Pariaman, semakin mengundang kita dari lembaga untuk tanda tanya, oleh karena itu,kami dari LSM Gempar Peduli Rakyat Indoensia (GPRI) menantang keterbukaan kadis, dan jangan asal ngomong, dan membuktikan dokumen pemenang lelang, sebab beliau mengatakan bahwa sudah selesai juga proses lelang/tendernya, namun dibatalkan karena covid-19, Tegas Zaherman.

Dalam proses pembatan lelang tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena semua acuan dalam proses lelang ada ketentuan dalam Rencana Kerja Syarat (RKS)  berita acara pembatalan pemenang tender yang dikeluarkan oleh Panitia Unit Layanan (ULP) Pengadaan Barang/Jasa POKJA Konstruksi dan Konsultan.

Zaherman mengatakan, Pembatalan pemenang pada paket Proyek yang sudah dilelang dan diumumkan pemenang terdernya tidak boleh dibatalkan sepihak oleh Pejabat Pembuat Komitment (PPK) maupun kuasa pengguna anggara (KPA).

Jika memang pembatalan sepihak, maka Penyedia/Kontraktor dapat menuntut PPK serta pimpinannya (KPA). Sebagaimana telah diatur dalam Pasal 13, Perpres 54/2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah berbunyi “PPK dilarang mengadakan ikatan perjanjian atau menandatangani kontrak dengan penyedia barang/Jasa apabila belum tersedia anggaran atau tidak cukup tersedia anggaran.

Baca Juga :  PT. Elnusa Petrofin di Duga Abaikan Peraturan Pemerintah Kota Gunungsitoli

Maka dengan itu, Kadis PUPR Padang Pariaman jangan membuat opini yang tidak mendasar dan harus membuktikan dengan dokumen, tunjukan nama rekanan pemenang tender yang dibatalkan dan juga pagu anggarnya.

Untuk diketahui, munculnya pengakuan bahwa amblasnya jalan penghubung tiga Kec 1V Koto Timur/  V Koto Timur dan Kcm Sungai Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Prov Sumatera Barat, dan pada tahun anggaran 2020, sudah dianggarkan, dan proses tender/lelang sudah, namun di potong semuanya dan dirasionalisasi oleh tim anggaran / DPKA.Bila tidak mampu menunjukkan dokumen, maka patut di curigai, bahwa sang kadis ini diduga menyimpang kebahongan terhadap publik terkait dalam penggunaan uang negara, dan penegak hukum juga harus menelusuri atas pembatalan pemenang tender/lelang tersebut, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penyataan yang mencurigakan itu terucap dalam menanggapi atas pemberitaan media dengan judul “Kadis PUPR Kabupaten Padang Pariaman Alergi Ketemu Wartawan”. Dan lewat pesan singkat Kepala Dinas PUPR Kabupaten Padang Pariaman Deni Irwan, ST,MT mengatakan.

Assalamualaikum wr.wb Apo makasuiknyo ko pak zul, Kemaren bapak yg main pergi aja trus dipanggil sama petugas  bapak udah pergi aja, nah sekarang  bapak ngomongnya kita pula yang gak mau nerima bapak, Gimana ini pak. Wslm, Ini sudah menjadi prioritas pada kegiatan tersebut dan sudah dianggarkan pada tahun 2020. “Karena kegiatan tersebut Sudah dianggarakan th 2020 ini , serta  sudah selesai juga proses lelang/tendernya.Tapi karena situasi dan kondisi pandemi Covid 19 kegiatan yang ada di Dinas PUPR di potong semuanya dan dirasionalisasi oleh tim anggaran / DPKA  ,termasuk ruas jalan yang ini.  Kita juga sangat2x prihatin dengan kondisi jalan tersebut dan kita di dinas PUPR juga sangat berharap sekali perbaikan jalan ini bisa dilaksanakan karena ini merupakan infrastruktur jalan penghubung antar kecamatan yang sangat penting.wslm

Baca Juga :  Kadisdik Pemprov Sumut Diduga Lindungi Oknum Guru Yang Jadi Bandar Togel

  ( Zul Nasri Tanjung )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here