Bupati Pemkab Agam Salurkan Bibit Ikan Pada Masyarakat

0
163

Agam -Sumbar-ZonadinamikaNews.com.Sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan nagari di tengah pandemi Covid-19, Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri menyalurkan bantuan bibit ikan kepada masyarakat Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Sabtu (18/7).

Bibit ikan nila yang dibagikan, sebanyak 30 ribu ditebar langsung ke kolam masyarakat Nagari Bukik Batabuah disaksikan anggota DPRD Agam Zulhefi, Camat Canduang Fauzi, Wali Nagari Bukik Batabuah, Firdaus, ninik mamak, tokoh masyarakat dan lainnya.

Tidak hanya bibit ikan, Bupati dua periode ini juga membagikan bibit buah-buahan seperti jeruk dan manggis, masing -masingnya sebanyak 150 batang.

Indra Catri menyebutkan, masyarakat sudah disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19, tetapi sehat saja tidak cukup karena kehidupan harus berlangsung, oleh sebab itu, perekonomian harus tetap menggeliat.

“Dalam kondisi saat ini yang paling aman itu adalah pertanian, sedangkan perdagangan tidak bergerak begitu juga industri dan pariwisata,” ujarnya.

Untuk itu, ulasnya, pertanian harus diintensifkan, perikanan diperkuat dan sawah ditingkatkan produksinya.

Bupati pencetus program Agam Menyemai ini meminta masyarakat untuk mengaktifkan kolam ikan, serta tetap menggelorakan jargon nan di laman untuak di makan nan di parak baok kapakan.

“Jangan sampai ada masyarakat yang kekurangan gizi dampak dari pandemi Covid-19 ini,” sebutnya.

Menurut Indra Catri, kondisi saat ini sangat dirasakan manfaat program Agam Menyemai yang digelorakan sejak beberapa tahun belakangan. Untuk itu, ia mengajak masyarakat agar tetap menggelorakan program tersebut.

Wali Nagari Bukik Batabuah, Firdaus mengatakan, program Agam Menyemai ini dicetuskan Bupati Agam, Indra Catri bak pepatah “dipinteh sabalun anyuik diubek sabalun kanai”.

Program yang telah beberapa tahun digelorakan hasilnya sangat dirasakan di tengah pandemi Covid-19, sehingga sandang dan pangan untuk masyarakat tetap tercukupi.

Baca Juga :  Dana KJP 2016 Tahap I Cair

“Pemkab Agam terus menyalurkan berbagai bantuan untuk meningkatkan ketahanan pangan di nagari, seperti hari ini bibit ikan dan buah-buahan,” katanya.

Bibit yang diserahkan Bupati Agam ini, ulasnya, akan dibagikan kepada masyarakat, masjid dan lembaga nagari salah satunya parik paga nagari. ( ZAHERMAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here