Biaya Pemeliharaan Sapras dari Dana BOS di SD Aceh Timur Ini Diduga Fiktif

0
479

Aceh Timur—Zonadinamikanews.com. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS ) tahap pertama untuk SD, SMP, SMA, SMK sudah disalurkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Aceh ke masing-masing sekolah. Untuk penggunaannya, Dinas Pendidikan aceh timur juga dinas Pendidikan perwakilan prov. Aceh yang ada di kabupaten aceh timur ,Mengontrol Dalam pengunaan dana boss untuk tidak diselewengkan.

Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia perwakilan Aceh Timur , Dalam evaluasi kelapangan dan investigasi kelapangan dalam pengawasan Dana boss yang bersumber anggaran negara Dan juga memastikan penggunaan BOS Apakah sudah sesuai juklak dan juknis yang sudah ditetapkan.

“Kita ingin tekankan penggunaan dana BOS itu harus sesuai ketentuan. Pengunaannya harus seuai aturan,” kata Ketua Laki saiful anwar, Selasa (28/7).

Saiful menyebut jika penyaluran dana BOS tahun 2020 melalui tiga tahap. Tahap pertama sebesar 30 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 30 persen. Sementara dari laporan yang diterima dari anggotan nya di lapangan , belum seluruh sekolah menyelesaikan laporan penggunaan dan BOS untuk tahap pertama.

“Pelaporannya yang belum. Dalam prihal Ini Ormas Masyarakat, laskar antikorupsi indonesia mau Evaluasi dan Investigasi kelapangan apa permasalahan dan kendala situasinya seperti ini banyak yang ditunda. Sudah kita Klafikasi dan konfermasi Pihak kepala sekolah dan operator sekolah yang sudah menerapkan RKAS di sekolah,” katanya Saiful.

Ketua Laki saiful anwar menghibau kepada Dinas pun Untuk memberikan arahan, sekolah diminta untuk memperhatikan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Kemudian juga Surat Pertanggungjawaban (SPJ) tak kalah pentingnya diperhatikan.

“Dalam pengunaan dana boss bukan menutup mata dan maklum, jika terjadi misalnya ada yang tidak sesuai. Yang penting tolong disesuaikan dengan rencana dan bukti. Ada saja yang begitu, namanya juga di sekolah. Karena ada saja kebutuhan yang di luar anggaran (non budgeter),” ungkap Saiful.

Baca Juga :  Tidak Terima Kedoknya Terungkap, Pihak SDN 252/VI Lantak Seribu Merangin, Intimidasi Anak Murit.

Verifikasi RKAS saat ini sudah dilakukan. Pelaporannya melalui Aplikasi RKAS (Arkas). Pelaporan ini ada yang terlambat, karena mestinya seluruh sekolah sudah selesai melaporkan. Pihaknya Laskar antikorupsi indonesia terus mendorong sekolah untuk menyelesaikan laporan Nya.

“Ini menjadi salah satu tugas kami Dalam memantau dan mengawasi dana BOS di Kabupaten aceh timur,” ujarnya.

Pelaporan menggunakan aplikasi RKAS bisa mencegah penyimpangan. Ini juga menyangkut penggunaan dana BOS sesuai aturan. Dengan sistem aplikasi RKAS, pelaporan tidak bisa dimanipulasi. Saiful juga menekankan untuk pembelian buku harus melalui perusahaan atau penerbit yang diverifikasi Kemendikbud.

“Silahkan belanja kepada penerbit mana saja. Tapi yang sudah lolos verifikasi Kemendikbud. Belinya itu dari yang lolos verifikasi saja kita minta. Beli sudah tidak ada masalah tapi yang lolos tadi itu,” pintanya.

Terhadap sekolah yang tidak patuh, tentunya Akan terjadi penyalahan pengunaan dana boss Kami Akan melapor kan kepenegak hukum untuk ditindak lajuti sesuai prosudur hukum yang berlaku., pihak sekolah dari awal agar memperhatikan laporan penggunaan dana BOS. Karena masih saja ada suara miring yang terdengar tentang dana BOS.

Memperhatikan kondisi plapon Sekolah Dasar ini cukup memperhatinkan, dengan kondisi ini patut diduga ada yang tidak beres atas penggunaan uang negara, sebab namanya biaya pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah itu setiap tahunya ada, pertanyaanya kemana anggaran? dalam data yang dimiliki media ini, tahun 2019 di SDN BLANG RAMBONG menghabiskan biaya dana BOS untuk pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah Rp.2.000.000 , Rp.6.076.000 , Rp. 650.000.patut diduga laporan penggunaan dana BOS biaya pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana (sapras) sekolah diduga fiktif (zdn)

Baca Juga :  Kepala SDN No 87/VI Kandang 1 Merangin Diduga Korupsi Dana BOS.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here