Relokasi RSI, Tokoh Pemuda Uluan Angkat Bicara

0
173

Uluan-ZonadinamikaNews.com. Dukungan positif relokasi Usaha Keramba Jaring Apung (KJA) milik Regal Springs Indonesia (RSI) dari perairan Danau Toba di Ajibata ke Hulu Sungai Asahan di Uluan mulai bermunculan seiring kesadaran warga betapa pentingnya arti peningkatan aspek ekonomi dan kesejahteraan.

Hal itu diungkapkan Ganda Butar butar, Tokoh Pemuda Kecamatan Uluan saat ditemui di salah satu pantai di Desa Siregar Aek Na Las Kecamatan Uluan pada Minggu (29/6/2020).

Kepada media, Ganda menyebut bahwa setiap perubahan memang harus ada efek negatif maupun positif, tak terkecuali pada perpindahan usaha KJA RSI ini ke Uluan. “Itu pasti terjadi dalam setiap perubahan. Sisi positif dan ┬ánegatif,” sebutnya.

Dilanjutkannya, bahwa perpindahan KJA RSI ini menurut hematnya lebih banyak mendatangkan sisi positif bagi masyarakat khususnya dalam peningkatan taraf hidup masyarakat. “Usaha RSI ini banyak menyedot tenaga kerja,” urai Ganda.

“Dengan demikian, angka pengangguran pasti ikut berkurang. Selain itu, peluang usaha usaha lainnya seperti bidang perdagangan dan jasa juga akan ikut berkembang, sebab perputaran uang sudah meningkat juga,” paparnya.

Bahkan, sebut Ketua PP 59 Uluan itu serius, sesuai amatannya, bahwa keadaan warga di sekitar usaha KJA yang sebelumnya bernama Aquafarm Nusantara ini di Ajibata bahkan hingga ke Kota Wisata Parapat banyak menjadi toke ikan Nila.

“Artinya, dengan kehadiran KJA maka ilmu pengetahuan masyarakat setempat dalam menekuni budidaya ikan Nila atau sejenisnya akan semakin meningkat sebagaimana yang mereka (RSI-red) sebutkan bahwa mereka akan melakukan pembinaan dengan nelayan lokal menjadi plasma dan mitra,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Ganda juga mengharap agar nantinya usaha KJA RSI di Uluan itu bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata budidaya ikan yang mana hal itu sejalan dengan pembenahan lokasi wisata sekitar Danau Toba saat ini. “Kita serahkan pada ahlinya bagian itu,” seriusnya.

Baca Juga :  Pemilik Spa Escape Akan Segera Kita Panggil beserta Kedis Pariwisata Medan

“Selain semua hal diatas, saya juga sangat mengharapkan kiranya pihak RSI nantinya melakukan pembinaan budaya lokal agar kesinambungan semua sisi dapat tetap terjalin, selaras dan berjalan dengan baik. Itu saja, Horas,” pungkasnya mengakhiri. (JP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here