Jembatan Batang Sitalang Yang Ambruk di Terjang Banjir, Kini Sedang di Perbaiki

0
114

Kab Agam-ZonadinamikaNews.com.Jembatan penyeberangan melewati Batang Sitalang di Nagari Sitalang yang terputus diterjang banjir besar. Minggu (21/6), kemaren.

Saat ini masyarakat bersama aparat pemerintah nagari Sitalang kecamatan Ampek Nagari Kab. Agam, Sumatera Barat dibantu personil TNI-Polri dan Satpol PP-Damkar Agam kembali membangun jembatan darurat untuk sarana transportasi penghubung di 2 wilayah tersebut.

Pembangunan jembatan darurat yang memanfaatkan material kayu, papan dan tali wing itu, dikerjakan secara bersama Rabu, (24/6) yang diyakinkan tuntas dalam sehari sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana jalan darurat dan minimal bisa dilewati kendaraan roda dua.

Pj. Walinagari Sitalang Armen saat dihubungi via selulernya menyebutkan bahwa pembangunan jembatan darurat yang dilakukan secara swadaya dengan gotong royong bersama masyarakat yang dibantu aparat dari berbagai unsur tersebut.

“Kegiatan ini berlangsung sejak Rabu (24/6) pagi dan diharapkan menjelang malam bisa rampung dalam bisa dimanfaatkan untuk sarana jalan,” katanya.

Pembangunan kembali jembatan darurat yang menghubungkan nagari Silatang Kec. Ampek Nagari dengan wilayah Kecamatan Palembayan, menjadi prioritas, mengingat tingginya aktivitas masyarakat yang memanfaatkan jalur jalan tersebut.

“Karena saat jembatan putus, untuk mencapai dua kawasan itu, masyarakat harus mengambil jalan memutar yang cukup jauh,” ungkap Armen

Dijelaskan Armen, kebutuhan masyarakat akan sarana jembatan yang putus akibat terjangan banjir badang yang tercatat sudah 3 kali terjadi di wilayah itu sangat tinggi, selain sebagai akses lalulintas pelayanan pemerintahan, juga sebagai akses tranportasi ekonomi.

Jembatan darurat yang sebelumnya dibangun pasca banjir bandang yang menghancurkan jembatan permenan berangka baja itu sekitar 3 bulan lalu.

Serta memicu kerusakan beberapa sarana umum termasuk rumah penduduk, pekan lalu kembali putus diterjang banjir dan Rabu ini dibangun kembali sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat.

Baca Juga :  Danramil 09/IV Koto: Waspada Musim Hujan, Hati-Hati Jalan Licin

“Kita sangat berterimakasih, peran aktif masyarakat dan dukungan berbagai pihak sehingga jembatan darurat itu bisa rampung dan dimanfaatkan masyarakat,” tutup Armen yang baru menjabat Pj. Walinagari Sitalang.

( Masril)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here