Ketua DPRD Agam Ikuti Langsung Panen Raya, Dalam Pastikan Kesiapan Program Ketahanan Pangan

0
97

Agam, Sumbar-ZonadinamikaNews.com.Menghadapi masa tanggap darurat covid-19 di Kabupaten Agam Prov. Sumatera Barat, Ketua DPRD Agam ikuti langsung panen raya padi dalam memastikan kesiapan program ketahanan pangan. Kamis (11/6), di Nagari Salo Kecamatan Baso.

Panen raya bersama masyarakat Salo, yang digelar puluhan kelompok tani dengan hamparan sawah yang sangat luas itu, ketua DPRD Agam Novi Irwan didampingi Kadinas Pertanian Agam Arief Restu, ketua kelompok tani Sawah Baruah, Salo dan beberapa anggota DPRD Agam lainnya.

Dalam kegiatan panen raya itu, Kadinas Pertanian Agam Arief Restu menyebutkan, kalangan petani yang tergabung dalam berbagai kelompok diberbagai wilayah di Kabupaten Agam.

“Sejak dua bulan terakhir pihaknya mendorong seluruh kelompok tani untuk memaksimalkan kegiatan diareal pertanian dengan terus mengolah areal persawahan untuk ditanami pagi,” ujarnya.

Ditambahkan Arief Restu, dorongan agar para petani memaksimalkan kegiatan pertanian itu, untuk memperkuat program ketahanan pangan yang dicanangkan Bupati Agam dalam menghadapi masa darurat pandemic covid-19.

“Karena hasil pertanian, baik padi, sayuran, buah-buahan dan jenis tanaman lain, menjadi kekuatan utama Kabupaten Agam dalam menghadapi masa-masa darurat seperti saat ini,” ulasnya.

Diyakinkan Kadinas Pertanian Agam, secara umum stok bahan pangan kabupaten Agam, khususnya beras aman, bahkan diyakinkan surplus sesuai data sampai bulan September mendatang.

“Namun pihak kami secara konsistensi akan terus memantau aktifitas pertanian kelapangan, untuk memotivasi petani termasuk untuk memastikan ketersediaan pangan di seluruh wilayah kabupaten Agam terjamin dengan factual dan kita akan terus memantau kelapangan, “ tegas Arief Restu.

Sementara menurut ketua DPRD Agam Novi Irwan, didampingi Kasubag Humas Protokol Sekretariat DPRD Agam, pihaknya sengaja hadir bersama jajaran dinas pertanian kabupaten Agam dan para petani untuk ikut memanen padi pertama diareal sawah yang digarap kelompok tani Sawah Baruah, Nagari Salo, Kecamatan Baso itu.

Baca Juga :  Cegah Terorisme Mubaligh Harus Aktif

“Sepenuhnya untuk memastikan dengan factual dilapangan kondisi kesiapan pangan Kabupaten Agam dimasa pandemic covid-19,” katanya.

Diyakinkan Novi Irwan, pihaknya mendorong pemerintah dan masyarakat, khususnya kalangan kelompok tani untuk terus beraktivitas, karena para petani merupakan bagian dari pejuang pangan untuk menyelamatkan masyarakat dimasa darurat pandemic covid-19 saat ini.

“ Kami sangat berterimakasih pada petani, karena perjuangan yang dilakukan dengan terus beraktifitas menggarap lahan pertanian, untuk menjamin ketersediaan pangan di Kabupaten Agam betul-betul terjamin,“ ungap Ketua DPRD Agam.

(ZAHERMAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here