6 Unit EWS Tsunami di Pantai Barat Sumbar Aktif, 3 Unit Mati

0
154

TANJUNG MUTIARA-ZonadinamikaNews.com.ENAM dari sembilan unit alat peringatan dini Early Warning System (EWS) Tsunami di sepanjang pantai Barat Sumatera Barat di kecamatan Tanjung Mutiara dinyatakan hidup dan aktif. Sementara 3 lainnya tidak hidup ditambah 1 unit EWS BMKG ruang berada di perkarangan kantor Camat Tanjung Mutiara juga tidak hidup.

Demikian laporan dari petugas penjaga EWS Tsunami saat dikonfirmasi awak media yang ada di kecamatan Tanjung Mutiara kabupaten agam provinsi sumatera barat, saat rapat koordinasi petugas penjaga alat EWS dengan Tim BPBD Agam dihadiri Camat Tanjung Mutiara dan Sekretaris kecamatan Zulwardi, Jum’at (26/6) di ruang sekretaris Camat di Tiku.

Camat Tanjung Mutiara Hidayatul Taufid, S.STP berterimakasih kepada 8 orang petugas EWS di delapan titik yang dipasang di masing-masing jorong. Aset negara sebagai salah satu alarm untuk mengantisipasi bencana yang dengan segera bila sirinenya berbunyi saat gempa berpotensi tsunamì, warga masyarakat disepanjang pantai dapat mendengar dan mengetahui serta gerakan yang akan dilakukan warga dalam mengevakuasi mandiri.

Kalaksà BPBD Agam Mhd. Lutfi. AR. SH.M.Si, saat berhadapan dengan petugas penjaga EWS mengingatkan untuk selalu memperhatikan alat aset negara peringatan dini gempa berpotensi tsunami yang ada di sepanjang pantai tiku,pungkasnya.

Petugas hendaknya betul-betul memberikan perhatian dan memelihara alat EWS yang ada, bila tidak berfungsi segera dilaporkan dan disampaikan agar bisa dikroscek kelapangan dalam segi pemeliharaan. Demikian.ditambahkan kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi.S.M.Pd. yang ikut turun lapangan bersama tim.

Sementara itu Camat Hidayatul Taufid minta dan menyarankan kepada pihak BPBD sebagai mempercepat informasi kebencanaan kiranya perlu masing-masing petugas EWS yang juga sebagai Wali Jorong dibekali dengan Radio HT. Bila terjadi bencana sudah jelas signal HP mati dan satu-satunya alat komunikasi yang bisa dihandalkan adalah Rafio HT.

Baca Juga :  Kapal Listrik Turki Dioperasikan, Gubsu Optimis Masalah Listrik Sumut Teratasi

Demikian ditambahkan dan diharapkan Camat, disamping wali nagari yang ada kita cek anggaran yang tersedia apakah bisa digeser dan diarahkan untuk kebencanaan. Seperti pengadaan seperangkat alat radio komunikasi. Bila tidak tersedia, maka kita akan usulkan pengadaan ditahun anggaran.2021,imbuhnya.

Terkait pengecekan alat peringatan dini Tsunami Early Warning System (EWS) yang terletak di wilayah Kecamatan Tanjung Mutiara kabupaten agam provinsi sumatera barat. Pengecekan dilakukan setiap tanggal 26 setiap bulannya.

Dapat dilaporkan 8 unit sirine EWS dan 1 unit sirine BMKG yang dinyatakan hidup sebanyak 6 unit, yaitu Sirine EWS yang terletak di Mesjid Pasia Paneh, Sirine EWS yang terletak di SMAN 1 Tanjung Mutiara, Sirine EWS yang terletak di Puskesmas Pembantu Gasan Kaciak, Sirine EWS yang terletak di Masjid Suhada Subang-Subang.? Sirine EWS yang terletak di Mesjid Taqwa Labuhan, dan Sirine EWS yang terletak di Mesjid muaro Putuih
`
Sedangkan EWS yang tidak hidup sebanyak 3 unit, adalah 1 sirine BMKG berada di halaman kantor Camat Tanjung Mutiara dan 2 Sirine EWS yang terletak di halaman Mesjid Ujuang Labuang yang terletak di Mesjid Al Hidayah Masang.

Demikian informasi dan hasil laporan dari masing-masing petugas yang disampaikan saat rapat koordinasi selesai ngecek sirine EWS Tsunami di Tiku.

(FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here