Ratusan Hektar Lahan Bekas Tanaman Padi Akan Langsung Ditanami Jagung di Sigumpar

0
379

Sigumpar-ZonadinamikaNews.com. Sebanyak delapan kelompok tani yang akan melakukan panen raya di Desa Nauli, Kecamatan Sigumpar akan menanami lahan sawah usai panen dengan tanaman jagung.

Hal itu terungkap saat dilaksanakannya rembug tani antara para petani dari delapan kelompok tani dengan Pemerintah Kabupaten Toba pada Kamis (18/6/2020) di Dusun Bariba Tali, Desa Nauli, Kecamatan Sigumpar.

Alatan Siagian, salah seorang anggota kelompok tani dalam pemaparannya menyatakan kesiapan pihaknya untuk melakukan penanaman jagung usai panen padi yang akan segera mulai.

“Kami siap membuat terobosan dan perubahan dalam pemanfaatan lahan pertanian. Terimakasih atas bantuan bibit jagung yang kami yerima dari Pemkab Toba,” ujarnya tulus.

Menanggapi itu, Marsarasi Simanjutak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Toba menyambut baik rencana para kelompok tani itu. “Rencana itu sangat baik sama kami akan siap membantu rencana tersebut, khususnya dalam pengadaan  pupuk bersubsidi,” sebut Marsarasi.

Jerry Silaen, Kepala Dinas Pertanian Pemkab Toba mengharap bantuan bibit jagung itu diberikan kepada ke delapan kelompok tani itu sebagai sebuah  bentuk dukungan Pemkab Toba atas keseriusan kelompok tani.

“Bukan hanya bibit yang kita bantu, kita juga bekerjasama dengan Dinas Ketapang dalam memberikan penyuluhan terkait pupuk, kondisi tanah, penyakit tanaman, dan lainnya. Kita akan bantu petani bagaimana tanaman itu nanti berhasil,” ujar Jerry.

Turut hadir dalam kegiatan rembug tani itu diantaranya Bupati Toba dan wakilnya, Darwin Siagian dan Hulman Sitorus, Sejumlah pejabat Pemkab Toba, Kapolsek Silaen R Tampubolon, dan para Kepala Desa di Sigumpar.(JP)

Baca Juga :  Pemkab Humbahas Terapkan Disiplin dan Hukum Prokes Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here