Tenaga Kesehatan di Agam Positif Covid-19

0
165

Agam Sumbar-ZonadinamikaNews.com.Lima orang tenaga kesehatan di kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) positif terpapar Virus Corona Disease (Covid-19). Hal tersebut dinyatakan oleh keluarnya hasil tes Swap Tahap II dari laboratorium Biomedik Unand.

Dalam Hal ini Bupati Agam, Dr H Indra Catri sahat di konfirmasi malam dini tadi mengatakan ada sebanyak 71 sampel swab tahap II dikirim ke laboratorium Biomedik Unand, Selasa (5/5/2020) siang. Sampel swab tersebut merupakan kelanjutan dari hasil tracking PDP positif Covid-19 berinisial “AG” yang dinyatakan positif 2 hari sebelumnya.

“Malam tadi sekitar pukul 23.15 Wib sudah keluar hasilnya dan 5 orang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19,” ujarnya saat dikonfirmasi , Rabu (6/5/2020).

Adapun 5 orang yang dinyatakan positif adalah, 3 Orang tenaga kesehatan di Puskesmas Baso, 1 orang Bidan Desa di Sungai Cubadak Baso dan 1 orang petugas labor Puskesmas Lubuk Basung yang mengambil swab di Baso. Sementara itu 19 sampel dinyatakan negatif dan selebihnya inklusif (PCR diulang).

Menyikapi hasil tersebut Bupati Agam Dr H Indra Catri langsung mengerahkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Agam untuk melanjutkan tracking terhadap 5 orang petugas yang dinyatakan positif tersebut.

“Pagi ini kita menginstruksikan segera merujuk 5 orang petugas yang berstatus OTG positif tersebut ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan mengambil swab terhadap seluruh petugas di Puskesmas Lubuk Basung serta orang terkontak erat dengan para OTG tersebut, sedangkan untuk Puskesmas Baso, ditunggu hasil lab terhadap yang sudah dikirim sebelumnya,” lanjut Indra Catri.

Untuk sementara waktu pihaknya akan menutup sementara pelayanan di Puskesmas Lubuk Basung dan hanya akan melayani melalui unit IGD saja, sesuai dengan protokol Covid-19. “Kami akan melakukan sterilisasi terhadap Puskesmas Lubuk Basung, Puskesmas Baso, serta rumah masing-masing petugas yang terpapar tersebut,” Ucanya Bupati Agam Indra Catri

Baca Juga :  Lagi, Wartawan Dapat Ancaman Usai Beritakan Perjudian di Kabupaten Toba 

(Zaherman)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here