Jalan di Jorong Balai Bagamba Nagari Kubang Putih Ambruk

0
149

Agam Sumbar-Zonadinamikanews com.Intensitas hujan yang cukup tinggi, di wilayah kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat ( Sumbar ) mengakibatkan longsornya dinding penahan tanah di Jorong Balai Bagamba Nagari Kubang Putih Kecamatan Banuhampu,badan jalan terlihat retakan dan dikhawatirkan bisa terputus.

Jalan yang longsor tersebut ditinjau langsung oleh Sekda Kab. Agam Drs. Martias Wanto, MM, didampingi Kadis PUTR, BPBD Agam, dua wali Nagari Ladang Laweh dan wali nagari Kubang Putiah. sabtu (16/5) siang, di Balai Bagamba.

Longsornya dinding penahan tanah perlu perbaikan dengan segera, karena merupakan jalan penghubung dari Padang Luar Via Ladang Laweh menuju Canduang, dan juga sebagai jalan alternatif yang membantu jalan utama bila terjadi kemacetan.

Kerusakan jalan yang menggerus dinding tanah jalan Balai Bagamba nagari Kubang Putiah tercatat panjang 20 meter dengan kedalaman 25 meter. Bila tidak diperbaiki segera dikhawatirkan tebing semakin tergerus, akibat getaran mobil dan apalagi saat hujan lebat akan bertambah longsorannya.

Wali Nagari Kubang Putiah Magdavera berterimakasih atas kehadiran pemda Agam secara bersama melihat rusaknya dinding jalan Balai Bagamba yàng longsor beberapa hari yang lalu, bersama Kadis PUTR, BPBD dan Camat Banuhampu.

Sekdakab Agam Martias Wanto, minta kepada dua wali nagari Ladang Laweh dan nagari Kubang Putih untuk memberi tanda dan rambu-rambu sekaligus semacam pemberitahuan kendaraan roda enam agar mencari jalan altetnatif yang lain.

Menghadapi masa lebaran bila jalan ini dipakai, diminta pihak nagari memberi tanda atau ada piket yang mengatur lalu lintas dengan sistem buka tutup. Diminta kendaraan truck atau bermuatan berat untuk tidak melewati jalur ini.

Demikian ditambahkan Sekdakab selaku exoffisio kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Agam.

Baca Juga :  Mertua Polisikan Mantu Karena Alat Kelamin Terlalu Besar.

(Fero/ zaherman)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here