AS, Warga Aek Na Tolu Lumban Julu Tenyata Suspect DBD, Bukan Covid -19 Seperti Kata JR.Saragih

0
926

Lumbanjulu – ZonadinamikaNews.com.Terkait viralnya pemberitaan tentang adanya warga Aek Na Tolu inisial AS (57 tahun/ perempuan) yang terduga Suspect Virus Covid – 19, yang bahkan hal itu disampaikan langsung Bupati Simalungun, JR Saragih telah membuat suasana tidak nyaman khususnya di wilayah Desa Aek Na Tolu, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba.

Penelusuran terkait informasi itu, Samsul Sitorus, kepala desa setempat ketika dihubungi media melalui ponselnya menceritakan kronologi AS hingga menjadi terduga Suspect Virus Covid – 19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pada Sabtu (4/4/2020) siang.

Diceritakannya, sebelumnya, AS berangkat ke Kota Lubuk Pakan, Kabupaten Deli Serdang untuk menjenguk kakaknya yang baru mengalami strok di salah satu rumah sakit.

Sekembalinya dari Lubuk Pakam, tepatnya pada hari Selasa (31/3/2020) sekitar pukul 10.00 pagi, AS mengalami demam dan mendatangi Puskesmas Aek Na Tolu guna memeriksa kesehatannya.

Oleh Puskesmas Aek Na Tolu, AS dirujuk ke Unit Gawat Darurat di Kota Parapat, selanjutnya tepat pada pukul 01.00 dini hari, AS dirujuk lagi ke Rumah Sakit Pardagangan, Kabupaten Simalungun dan oleh Bupati Simalungun menyatakan AS Positive Terpapar Covid 19.

Setelah dilakukan penggalian yang lebih dalam oleh awak Media, AS sehabis pulang dari Lubuk Pakam kembali ke Aek Na Tolu dan tinggal beberapa hari bersama ibundanya yang sudah berusia diatas 70 Tahun bersama 3 (tiga) orang anaknya, yang hingga kini dalam keadaan sehat bugar tanpa ada gejala terkontaminasi Covid 19.

“Mereka berlima hidup serumah, dan hingga saat ini, selain AS tidak ada mengalami gejala demam, batuk, ataupun pilek,” sebut Samsul.

“Tadi pagi saya baru bicara dengan anak ibu AS yang menjaganya di Rumah Sakit Perdagangan, hasil pemeriksaan dokter bahwa AS mengalami gejala Demam Berdarah Dengue (DBD),” terangnya lagi.

Baca Juga :  Di Padang Istri Sah dan Istri Simpanan Oknum Dewan Adu Jotos

Dalam kesempatan itu, Sang Kades meyakinkan bahwa apabila AS memang sudah PDP Covid 19, maka pasti sudah menularkan kepada Ibunya yang sudah renta dan para anak anaknya. “Hingga saat ini, Semua satu rumah dalam keadaan sehat bugar,” tambahnya.

Samsul mengaku, bahwa tadi pagi, pihak Pemerintah Kabupaten Toba melalui Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Penyebaran Virus Covid 19 dipimpin langsung ketuanya, dr Pontas Batubara sudah melakukan penyemprotan desinfektan di wilayah Aek Na Tolu khususnya kediaman ibu AS. (JP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here