Tim Relawan Covid-19 Disiapkan di Nagari Pagadih Tiga Posko

0
128

Agam Sumbar -ZonadinamikaNews.com.Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Pagadih Kecamatan Palupuah kabupaten Agam, Sumatera Barat ( Sumbar) begitu giat- giatnya membantu keresahan warga masyarakat Semejak berjangkitnya wabah Corona Virus Disease (Covid-19) dengan membentuk Pos Siaga Covid-19, dengan melakukan berbagai kegiatan di Nagari tersebut.

Ketua ( KSB ) Nagari Pagadih Depi Itri, menyebutkan bahwa kita KSB dan anggota serta parik paga nagari, termasuk Babinkamtibmas, Trantib dan Bidan Desa, turut membantu keresahan masyarakat.

“Apalagi terhadap warga yang pulang kampung diluar provinsi perlu mendapat perhatian bersama,” ujarnya koordinator KSB Pagadih Depi Itri, didampingi Wali Nagari Pagadih Aliwar. Sabtu (11/4), saat dimintai keterangan melalui telepon selulernya.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di nagari adalah, pertama pembentukan Tim Siaga Covid-19 Nagarì Pagadih, dengan ketua atau koordinator Aliwar selaku Wali nagari, dengan Posko di Puskesmas Nagari Pagadih.

Telah melakukan penyemprotan disejumlah fasilitas umum, kantor, sekolah, masjid dan mushalla, pasar nagari, warung- warung tempat berkumpul serta lokasi fasilitas lainnya yang dirasa tersimpan atau adanya virus corona.

Telah membantu mendistribusikan bantuan sembako yang diberikan Pemda Agam dan dari donatur lainnya.

Seperti ditambahkan wali nagari Aliwar selaku ketua Pos Siaga Covid-19 nagari Pagadih, dimana selain pemyemprotan cairan disinfektan, kita juga melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap warga yang pulang kampung.

“Sekaligus mensosilisasikan untuk bisa mengisolasi diri selama 14 hari atau tidak berkumpul. Selalu minum air, sayur dan buah, mencek kesehatan secara dini, mengukur suhu badan dan mengatur jarak serta selalu memakai masker,” ungkapnya.

Ia mengatakan untuk kelancaran operasi siaga covid-19 ini kita dibantu secara bersama seluruh perangkat nagari, Babinkantibmas, trantib, KSB nagari, Bamus, Bidan desa, KAN dan seluruh tokoh masyarakat Pagadih, dengan kekuatan sebanyak 42 orang.

Baca Juga :  Kebakaran Lahan, Papua Dikepung 131 Titik Api

“Pos Pemantauan Siaga Covid-19 Nagari Pagadih terdapat ditiga pos siaga, yaitu di Kantor Wali Nagari, perbatasan Pagadih dengan kabupaten Lima Puluh Kota dan satu lagi di perbatasan Pagadih dan Sungai Guntung,” jelaskan Aliwar.

(Zaherman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here