Benarkah Proyek Paving Desa Bendotretek, Dikontraktualkan

0
157

Sidoarjo-ZonadinamikaNews.com.
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo telah memperingatkan, melarang pembangunan desa dengan Dana Desa menggunakan jasa kontraktor.

“Aparat desa dalam penggunaan yang menggunakan dana desa harus dilakukan secara swakelola secara otomatis mengurangi jumlah penggangguran dan kemiskinan di pedesaan” Tegasnya.

Berlawanan dengan program Pemerintah pusat, proyek insfrastruktur pembangunan yang berumber anggaran dana desa 2019 didusun Bendo Santren, Bendo Tretek, Kecamatan Prambon, proyek yang seharusnya di swakelola ini dikerjakan oleh kontraktor.

Berdasarkan keterangan warga,” Proyek ini dikerjakan oleh pemborong mas, rata rata pekerjanya bukan orang lokal sini mereka orang luar desa ini,” Terang bapak yang mengaku bernama Mat.

Lebih lanjut,” waktu itu ada beberapa warga mencoba ikut kerja agar tidak menganggur, akan tapi ditolak oleh mandor, dengan alasan tidak membutuhkan tenaga tambahan.” keluhnya.

Selain itu, papan proyek (prasasti) tidak mencantumkan nilai proyek dan volume pekerjaan, kurangnya transparasi dan keterbukaan, sehingga menjadi pertanyaan warga, hingga diturunkannya berita ini. (dr)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Mall Cikampek Tidak Memiliki IPAL, BPLH Ada Apa Dengamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here