Corona Mewabah, Pendeta Minta Ibadah dan Pesta Kawin Diundurkan

0
165

Toba-ZonadinamikaNews.com.Dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona Covid-19, akhirnya Pimpinan Gereja HKBP Distrik XI Toba Hasundutan mengeluarkan Surat Edaran  (SE) terkait pelaksanaan ibadah yang rutin dilaksanakan setiap hari Minggu.

Dalam SE yang ditandatangani PraesesHKBP Distrik XI Toba Hasundutan, Pdt Donda Simanjuntak STh itu dinyatakan bahwa SE itu dikeluarkan atas dasar SE Pemerintah Pusat, Kapolri, Pucuk Pimpinan HKBP, dan PGI Pusat terkait himbauan pencegahan penyebaran Virus Covid – 19.

Dalam SE yang dikeluarkan pada Selasa (24/3/2020) dan ditujukan kepada seluruh jemaat dibawah naungan Distrik XI Toba Hasundutan disebut, melihat cepatnya wabah Virus menyebar, maka dirasa sangat perlu untuk sementara waktu menghentikan kegiatan ibadah di gereja HKBP se Distrik XI TobaHasundutan.

“Melihat situasi yang terjadk saag ini, maka HKBP Distrik XI Toba Hasundutan memutuskan bahwa mulai Minggu (29/3 s/d 05/5/2020), kegiatan ibadah di gereja ditiadakan, namun jemaat diminta tetap melakukan ibadah di rumah masing masing dengan jadwal seperti biasa, dimulai dengan bunyi lonceng gereja,”

“Kegiatan Kategorial seperti halnya latihan koor, kebaktian kelompok, Sermon Huria,
Sermon Ressort, Sermon Distrik, dan Jadwal Kebaktian ibadah di rumah jemaat hingga juga ditiadakan hingga waktu yang akan diberitahukan kemudian setelah tanggal 5 april 2020,” tulisnya.

Selain itu, sejumlah kegiatan penting lainnya juga diminta untuk ditunda seperti pelaksanaan Akad Nikah, Pesta Kawin, dan upacara adat lainnya hingga situasi normal kembali.

“Hindari pertemuan rapat, tempat hiburan, yang berpotensi menyebarkan virus, dan jangan lupa penyerahan diri sepenuhnya kepada perlindungan Tuhan,” demikian isi SE Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan.

Terkait SE itu, L Marpaung, salah seorang Penatua Gereja HKBP Hasundutan Siantar Narumonda menyatakan dukungannya atas keputusan yang dikeluarkan Pimpinan HKBP Distrik XI Toba Hasundutan tersebut.

Baca Juga :  Freeport Berikan Waktu 120 hari Pada Pemerintah Untuk Kembali Berunding

“Jelas sudah, jemaat tidak lagi ragu-ragu untuk tidak ke gereja. Mari semua berdoa dan berusaha mencegah Virus Covid 19 tersebut. Semoga badai ini cepat berlalu,” pungkasnya. (JP)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here