Tim Terpadu Silaen Sosialisasikan Langkah Pencegahan Penyebaran Covid 19

0
332

Silaen – ZonadinamikaNews.com. Dalam upaya mencegah mewabahnya virus Corona Disease atau lebih dikenal dengan nama Virus Covid – 19, Tim Terpadu Kecamatan Silaen tampak bersinergitas dengan memberi sejumlah himbauan kepada warga Desa Pintu Batu pada Selasa (24/3/2020).

Tim Terpadu yang terdiri dari Kapolsek Silaen Iptu R Tampubolon, Koramil 14 Peltu H Japri, Camat Sedi Lumbanraja, Kepala Puskesmas dr Posma Situmorang tampak meminta agar Masyarakat Kecamatan Silaen Tidak Panik atau Khawatir secara berlebihan namun tetap waspada dan tingkatkan ibadah di rumah bersama keluarga.

Tampak di lokasi, Tim Terpadu secara bergantian dan disaksikan ratusan warga desa melalui corong microphone bersuara lantang menguraikan langkah – langkah apa saja yang harus dipedomani seluruh warga desa dalam antisipasi penyebaran Corona.

Terlihat sebagai orasi pertama yaitu Iptu R Tampubolon menyebut salah satu langkah pencegahan penyebaran virus itu yakni membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun sampai bersih. “Menjaga kebersihan diri, rumah, dan lingkungan,” teriaknya.

Juga dengan suara keras, Sedi menimpali dan menyebut agar warga menggunakan masker bila mengalami batuk dan pilek. “Konsumsi makanan yang bergizi dan senantiasa menerapkan pola hidup yang sehat,” ujarnya keras.

“Hindari keramaian seperti pesta, rapat, dan reunian. Bagi anak anak, manfaatkan liburan dengan belajar di rumah dan jangan pergi ke tempat tempat ramai. Hindari kontak phisik langsung. Bila mengalami gangguan kesehatan, segera periksa diri ke petugas kesehatan terdekat,” ujar para anggota Tim Terpadu bergantian.

Tampak pada orasi terakhir, R Tampubolon kembali meminta agar warga jangan berkumpul beramai ramai di tempat umum seperti warung kopi dan kedai tuak. “Apabila ada keluarga yang berkunjung dari luar daerah, sebelumnya agar dilakukan pemeriksaan kesehatan ke petugas terdekat,” tegas Kapolsek.

Baca Juga :
Waspadai Virus Covid-19, Akhirnya Pemkab Toba Liburkan Sekolah 14 Hari Sejak 20 Maret

Diakhir kegiatan, kepada media, Sedi menerangkan bahwa hal serupa sudah dilakukannya di beberapa desa di wilayah Kecamatan Silaen. “Semua desa akan kami kunjungi dan akan kami sosialisasikan langkah mencegah penyebaran Corona itu. Semoga Tuhan menyertai kita semua,” pungkas Camat.

P Panjaitan, warga setempat mengaku sangat terharu atas upaya yang dilakukan Tim Terpadu penanganan Covid 19 di Silaen. “Mereka adalah para pejuang anti Corona di kecamatan ini. Semoga wabah ini cepat berlalu, dan kita bisa menjalani kehidupan yang normal,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca. (JP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here