Proyek Dari DAK Diduga Mark Up PUPR Deliserdang

0
349

Deliserdang-ZonadinamikaNews.com Proyek berbadrol 40 miliyar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) selain dikerjakan asal jadi juga terjadi dugaan mark- up. Dana proyek ini di kelontorkan oleh Pemerintah Pusat.Agaknya menggelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk suatu daerah ini untuk diprioritaskan didalam pembangunannya, Namun anehnya, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melaksanakan kegiatan peningkatan ruas Jalan dengan nilai anggaran pagu sebesar 40 Milyar dilaksanakan pengerjaannya asal jadi.

Ironisbya, tahun sudah berganti namun proyek peningkatan ruas jalan itu terlihat masih saja melaksanakan pekerjaan pembangunan. Padahal, jika dilihat dari anggarannya pemanfaatan pengadaan barang/jasa seharusnya di Bulan Oktober 2019.

Saat dikonfirmasi wartawan pada 09/01/2020 lalu, beberapa warga sekitar mengatakan tentang Peningkatan Ruas Jalan Bangun Purba – Tiga Juhar Kec.Bangun Purba/STM Hulu, belum selesai, “kami tidak tau apa penyebabnya, itu aja yang baru dikerjakan sudah kelihatan rusak jalannya”, ujar boru sembiring ini. Hal yang sama juga dikatakan Oleh Andi, abg lihat saja, itu masih dalam pengerjaan bahu jalan secara manual. “Mungkin mengerjakan pembangunan jalannya asal jadi aja,”ungkapnya.

Pantauan dilapangan, pelaksanaan peningkatan ruas jalan belum selesai dikerjakan. Buktinya bahu jalan masih dalam pekerjaan. Baru selesai dikerjakan aspal sudah kelihatan retak buaya, bahkan bram jalan masih ada yang dalam pengerjaan, dan pecing (tambal sulam) kelihatan tidak rata. Informasi yang didapat pada Rabu (11/03/2020) bahwa “selesainya pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan itu dibulan Februari 2020”.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Deli Serdang hingga berita diturunkan belum memberikan penjelasan.

Sekedar untuk diketahui, Dana DAK (Dana Alokasi Khusus) adalah alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada Provinsi dan Kabupaten serta Kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan pemerintahan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK termasuk didalam dana perimbangan disamping Dana Alokasi Umum (DAU). ( JM -tim JPost)

Baca Juga :  Warga Pakembaran Pertanyakan DD Tahun 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here