Ben Brahim Bupati Kapuas: Mari Kita Perangi Peredaran Narkoba

0
657

KUALA KAPUAS – Zonadinamika.com. Dalam rangka peringatan hari anti narkoba Internasional, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kapuas mengadakan Apel bersama yang diikuti oleh pelajar, mahasiswa, masyarakat, PNS, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta aparat penegak hukum yang dilaksanakan di Jln Maluku belakang Stadion Olah Raga, Minggu 5/6 pagi .

Bupati Kapuas dalam sambutanya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama dengan Pemerintah dan aparat penegak hukum untuk memerangi peredaran narkoba khususnya yang ada di Kabupaten Kapuas, karena narkoba merupakan musuh bersama segenap anak bangsa, yang akibatnya dapat merusak moral dan mental bagi pemakainya, khusus para generasi muda selaku generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan Bangsa dan Negara Indonesia.

Lebih jauh dikatakanya dihadapan peserta upacara, bahwa resiko pengguna narkoba adalah penjara, gila, bodoh, miskin, menderita dan pada akhirnya mati, oleh karena itu lanjutnya “ Mari kita perangi narkoba, kita berantas narkoba, kita perang dengan para para penyalur dan pengedar narkoba, ingatkan Kepada teman-teman, sebarluarkan bahaya menggunakan narkoba kepada masyarakat, dan jangan takut untuk melaporkan kepada Polisi apabila mengetahui adanya transaksi narkoba maupun pengguna narkoba ” pinta Ben Brahim.

Masih ditempat yang sama Bupati menyatakan, akan lebih memperhatikan Badan Narkotika Kabupaten Kapuas (BNK) Kapuas dimasa yang akan datang, dengan memperhatikan sarana dan prasarana serta mengalokasikan dana yang memadai.

Sementara itu Ketua Umum Badan Narkotika Kabupaten Kapuas (BNK) Kapuas yang juga Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin dalam laporanya berharap, bahwa dengan peringatan hari anti narkoba Internasional yang walaupun diselenggarakan dengan sederhana, namun diharapkan dapat memberikan dampak bagi semua untuk semakin perduli akan bahaya narkoba.

Lebih lanjut dikatanya bahwa tujuan dibentuknya BNK Kapuas disamping membantu Kepala Daerah melakukan koordinasi, pengawasan, pengendalian dan mendorong peran serta masyarakat dalam penangan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika, juga bertujuan untuk mempersempit ruang gerak peredaran dan penyalahgunaan narkoba, meninkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, serta membudayakan hidup sehat tanpa narkoba.

BACA JUGA:  Penanganan Covid-19 Masih Jadi Prioritas APBD-P Agam 2021

Ketua Umum BNK Kapuas H Muhajirin dalam laporanya juga menyampaikan bahwa selama ini BNK Kapuas telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan pemberantasan bahaya narkoba, serta melakukan kegiatan-kegiatan diantaranya Pencegahan Primer berupa sosialisasi, penyuluhan. Pencegahan sekunder berupa deteksi dini tes urine, razia, pendidikan pengembangan pribadi dan Pencegahan Tersier berupa konseling dan rehabilitasi. Sedangkan media yang dilakukan berupa penyuluhan di sekolah sekolah, kelompok masyarakat umum, serta melalui Radio siaran Pemerintah Daerah.

Diakhir acara peringatan hari anti narkoba Internasional tersebut, dilakukan juga pemusnahan barang bukti hasil kegiatan Polres Kapuas yang ditingkatkan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1437 H/2016 M, berupa ratusan botol miras dari berbagai merk dan jenis serta obat-obatan keras lainya. (Angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here