Bupati Kapuas Pimpin Langsung Penangan Bencana Banjir

0
540

KUALA KAPUAS – Zonadinamika.com. Musibah banjir yang melanda sejumlah desa eks PLG di Kecamatan Kapuas Murung, Dadahup dan Mantangai mendapat perhatian serius Pemerintah Kabupaten Kapuas. Bahkan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Jum’at (15/4) siang dengan menggunakan tiga buah speedboat bersama Kadis Nakersos, Kepala BPBD, mewakili Kadis PU, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan mendatangi langsung lokasi banjir.

Tambak Bajai sebagai sasaran pertama kunjungan, dimana Ben Brahim yang menggunakan perahu kecil temui warganya dan meminta agar bersabar menunggu bahan makanan siap saji yang memerlukan waktu untuk sampai ke lokasi.

“Kami sudah biasa pak dengan banjir seperti ini dan tetap bertahan dalam rumah dengan cara membuat panggung agar terhindar dari banjir. Harapan kami kedepan adanya kebijakan pemerintah membuatkan rumah-rumah lanting dan perahu untuk tempat dan media evakuasi jika terjadi banjir. Stok pangan disini cukup, karena banjir kiriman yang kami alami tiap tahun dan kami sudah mengatisipasinya” ucap Ardo warga Tambak Bajai

Namun berbeda dengan warga transmigrasi di desa A5, B3 dan B4 yang didatangi Bupati dan rombongan, mereka telah mengungsi ke tanggul-tanggul yang lebih tinggi dan telah mendiami tenda-tenda yang didirikan oleh BPBD dan Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Kapuas.

“Saya pada tanggal 8 April lalu telah mengeluarkan Surat Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dalam wilayah Kabupaten Kapuas. dengan adanya penetapan ini seluruh Kepala SKPD terkait segera menangani warga yang mengalami musibah banjir secara tuntas” pinta Ben dihadapan sejumlah Kadis yang menyertai kunjungan.

Lebih lanjut Ben Brahim dan rombongan yang berada dilokasi bencana hingga malam hari itu berkesempatan menyerahkan secara simbolis kepada Camat dan Kades setempat bahan makanan siap saji berupa mie instan, ikan kaleng, gula, kopi dan teh. Demikian pula beras dan sembako lainnya yang diangkut dari Kuala Kapuas dengan menggunakan tiga buah mobil dan speedboat.

Baca Juga :  Demo, Masyarakat Desa Sabajaya Tolak Sekdes Hasil Keputusan PTUN.

Bupati Kapuas sebagaimana rilis Kabag Humaspro Setda Kapuas “Bapak Bupati meminta agar seluruh Kepala Desa dan Camat secara cermat mendata warganya sehingga bantuan bahan makanan menjangkau seluruh warga. Selain itu patroli keamanan kampung juga ditingkatkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kebakaran, pencurian atau tindak kekerasan lainnya” tiru Suwarno.

Masih ditempat yang sama Ben Brahim juga meminta kepada Kepala SKPD terkait kedepan untuk mengambil langkah yang tepat dengan melakukan kajian secara cermat agar fenomena alam tahunan ini tidak lagi meresahkan warga . (angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here