Kapuas Miliki Duta Anti Narkoba

0
517

KUALA KAPUAS –Zonadinamika.com. Wakil bupati kapuas sekaligus ketua BNK Kabupaten Kapuas H Muhajirin membuka secara resmi kegiatan pelatihan calon duta anti narkoba di lingkungan pendidikan yang berlangsung di aula kantor kecamatan selat.

Nampak hadir dalam pelaksanaan tersebut asisten pemerintahan dan kesra setda kapuas, tripika kecamatan selat, para lurah dan kades di kecamatan selat, para mahasiswa dan pelajar di lingkungan kecamatan selat serta Kwartir pramuka kecamatan selat.

Camat Selat Abdul Hamid dalam laporannya menyampaikan kegiatan yang di gagas oleh badan narkotika dan bekerjasama dengan pemerintah kecamatan selat. Dengan pemateri dan narasumber antara lain dari polres kapuas, dinas kesehatan kabupaten kapuas, kejaksaan negeri kuala kapuas, dr safira amira tjandrasari, sp,kj dan Kabag Humas dan Protokol Setda Kapuas Dr Suwarno Muriyat yang mengangkat tentang teknik komunikasi serta BNK Kabupaten kapuas. Dengan peserta terdiri dari pelajar sltp sederajat 10 sekolah, sma sederajat 11 sekolah dan perguruan tinggi 3 lembaga serta Kwaran Pramuka kecamatan selat dengan total 48 orang lebih.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada camat dan BNK yang sudah menyiapkan kegiatan serta menfaatkan kegiatan ini dengan baik karena para calon duta anti narkobalah yang bisa membantu pemerintah memerangi narkoba maka dari itu di minta pada calon duta anti narkoba agar saling mengingatkan mulai dari diri sendiri, lingkungan sekolah, di rumah dan lingkungan sekitar. Untuk memberantas narkotika di lingkungan sekolah agar duta anti narkoba berkonsultasi dengan guru dan BK sekolah begitu juga di lingkungan tempat tinggal agar di konsultasikan dulu dengan aparat setempat.

Ia menambahkan jika ada di temukan pecandu narkoba agar di laporkan ke BNK Kabupaten kapuas untuk di obati di rumah sakit dengan di tangani oleh dokter ahli secara gratis tetapi harus di dasari juga dengan niat untuk berhenti. Apapun yang di lakukan untuk kebaikan di duta anti narkoba ini di niatkan semata karna allah tanpa memandang apapun.

Baca Juga :  1071 Peserta Ikuti Pelatihan Manasik Haji Anak-Anak PAUD

Dalam kesempatan itu wakil bupati kapuas menyampaikan pesan Presiden RI dan Pesan Gubernur kalimantan tengah yakni saya titipkan masalah narkoba untuk di sampaikan secara gencar kita sekarang darurat narkoba dan jangan mudah tergoda dengan tawaran obat terlarang gratis maupun membeli obat terlarang.

Sesuai dengan hasil survei BNNUI tahun 2014 menyatakan bahwa estimasi jumlah penyalalah gunaan narkoba di indonesia sebesar 2,18% dari total populasi penduduk indonesia usia 10-59 tahun.

Berdasarkan data BNN tahun 2015 jumlah penyalah gunaan narkoba di indonesia mencapai 2,2% atau setara dengan 4.098.029 orang penyalah guna yang terdiri dari Kelompok Coba pakai 1.599.836 orang, Kelompok teratur pakai 1.511.035 orang, kelompok pecandu suntik 68.902 orang, kelompok pecandu non suntik 918.256 orang jumlah ini meningkat di banding tahun sebelumnya di 2008 sebanyak 3.362.527orang, 2011 sebanyak 4.274,333orang, tahun 2014 sebanyak 4.022.228 orang menurut BNN dari tahun 2011_2014 terjadi penurunan 0,02% namun tahun 2014-2015 terjadi kenaikan 0,1% pertahun.

Ia meminta kepada duta anti narkoba yang muslim sebelum melakukan sosialisasi agar bershalawat terlebih dahulu agar yang di beri materi terbuka hatinya karna allah lah yang bisa membolak balikan hati manusia. Dan semua manusia adalah pemimpin atau khalifah di muka bumi baik untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan yang nantinya akan di pertanggung jawabkan tutup muhajirin. (angga)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here