Warga Tuding Proyek SPAM IKK Kota Baru Karawang Bak Proyek Siluman

0
949

KARAWANG,Zonadinamika.com. Proyek Optimalisasi SPAM IKK Kota Baru Kabupaten Karawang Jawa Barat, merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan pada satuan kerja Pembangunan air minum sanitasi Provinsi Jawa Barat.

Hasil investigasi tim redaksi ZonaDinamika.com dilapangan, adanya indikasi kekurang keterbukaan pihak pelaksana di lapangan, sehingga sangat menyulitkan berbagai pihak untuk mengetahui, proyek tersebut itu di biayai oleh apa?.

Sebab hampir dua bulan berjalan pelaksanaan proyek, pihak pelaksana tidak memasang plang proyek. Akhirnya sejumlah masyarakat terlihat kebingungan, kenapa pihak pelaksana tidak transfaran dalam pelaksanaan proyek tersebut, kanapa tidak memasang plang proyek, apa takut agar ketahuan masyarakat akan besaran biaya dan berapa lama pelaksanaan dilapangan? Kelihatanya jadi seperti proyek siluman aja ya pak, kata salah satu warga dalam sebuah warung yang berdekatan dengan lokasi proyek.

Undang Undang Keterbukaan informasi Publik pun (UU KIP) terabaikan dalam proyek yang menelan biaya miliran rupiah ini, dan agaknya pihak pengawaspun tidak memberikan tegurran pada pihak pelaksana,, agar memasang plang proyek demi ketranfaran dalam penggunaan keuangan Negara.

Sementara hasil pengamatan ZonaDinamika.com dalam pelaksanaan kontruksi di sinyalir banyak yang menyimpang dari RAB, seperti pemasangan pondasi yang terlihat asal-asalan tanpa mengacu pada ketentuan.

Sejumlah titik galian akan kedalaman pondasi pada bangunan terlihat sangat dangkal,sementara kondisi tanah sangat labil dan di khawatirkan akan mudah ambrol, serta campuran adukan terlihat kurang maksimal.

Sejumlah pekerja ketika di ajak berbincang-bincang, mengaku belum pernah melihat akan kedatagan pihak pengawas dari pemerintah. “Saya hampir satu bulan lebih ikut kerja pak, sepertinya saya belum perna ada dari pihak pengawas ke sini? Jawabnya dengan nada polos.

Di Tanya soal perbandingan campuran adukan, dirinya mengaku hanya sebatas tebak-tebakan saja, dan tidak ada arahan dari bos untuk jumlah perbandingan campuran semen dengan pasir. “kami tidak perna mendapat arahan dari bos soal untuk campuran semen dan pasir harus berapa, makanya kami tebak-tebak saja”.

Baca Juga :  Penyerapan DD Desa Lahei Mangkutup Kalteng Terindikasi Korupsi.

Salah seorang pekerja yang bergaya seperti mandor lapangan yang berbadan tinggi hitam,k ketika di tanya perusahaan apa yang mengerjakan proyek SPAM, dirinya mengaku dari PT. Lepen Kencana Utama asal Jakarta, sambil berlalu meninggalkan wartawan.

Namun hasil penelusuan ZonaDinamika.com, pemenang tender adalah PT. Sangkuriang Karya Semesta asal Bandung. Namun anehnya, di lokasi pekerjaan tidak terlihat selembar kertaspun yang bertuliskan PT.Sangkuriang Karya dalam pelaksanaan proyek tersebut, namun yang muncul adalah PT. Lepen Kencana Utama,seperti yang tertulis dalam gudang proyek.

Patut di duga, pihak pelaksana kongkalikong serta ada indikasi paktek jual paket pada rekanan lain, akibatnya pihak pelaksana berusaha menutupi informasi terkait pekerjaan tersebut pada public.

Sampai berita ini di turunkan, tak seorang pun dari pihak pelaksana yang berhasil ditemui untuk diklarifikasi. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here