Disdik Bogor Ada Aroma Korupsi Mark Up Bantuan Provinsi Dalam Pembelian Alat Peraga

0
841

BOGOR –Zonadinamika.ccom. Sejumlah proyek bantuan Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2014 bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor diduga diselewengkan. Proyek-proyek tersebut diantaranya pengadaan alat peraga IPS tingkat SMP, pengadaan peralatan laboratorium IPA tingkat SMA dan pengadaan pembelajaran IPA berbasis TIK untuk SMA.

Modus yang dilakukan adalah dengan me-mark up harga barang yang disediakan selain itu barang yang telah ditentukan tidak dibeli dengan spesifikasi teknis yang ditentukan.

Salah satunya adalah proyek pengadaan alat peraga IPS untuk SMP senilai Rp1,98 miliar berupa peta digital, globe dan sensor pena, plus charge.

Alat peraga IPS tersebut telah disalurkan ke 77 SMP di Kabupaten Bogor baik swasta maupun negeri dengan harga berkisar Rp23-24 juta.

Berdasarkan penelusuran di sejumlah sekolah penerima alat peraga IPS tersebut di SMP Global Insan School dan SMP Busro Al Karim mengaku telah menerima paket alat peraga tersebut.

Namun mereka tidak mengetahui jika alat peraga seperti itu harganya mencapai Rp23 juta. “Ya kalau harganya seperti itu tentunya sangat mahal. Harganya dipasaran paling mahal belasan juta rupiah,” kata salah satu guru di SMP Busro Al Karim yang enggan disebutkan identitasnya kepada Sindonews, beberapa waktu lalu.

Hal yang sama juga diungkapkan guru di SMP Global Insan School. “Kita tidak bisa berkomentar banyak pak karena hanya menerima. Apalagi ini sekolah swasta tapi menurut saya kalau harganya mencapai Rp23 juta tentunya jumlahnya kemahalan,” ungkap guru tersebut kepada Sindonews.

Begitu juga ketika dicek ke sejumlah agen penyedia alat peraga berupa peta digital dan globe. mereka juga menyatakan hal yang sama.

“Kalau untuk peta digital ditambah globe tentunya harganya tidak semahal itu, ” kata Ahmad pemilik agen penyedia alat peraga yang berdomisili di Jakarta.

Baca Juga :  Pemusnahan Barang Bukti Narkoba

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Dace Supriyadi ketika di-SMS maupun ditelepon lewat ponselnya oleh Sindonews terkait hal tersebut tidak membalas dan menjawab.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mengaku siap menelusuri informasi adanya dugaan penyelewengan sejumlah proyek Bantuan Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2014 di Disdik Kabupaten Bogor. Penelusuran dilakukan setelah pihak Polda Jawa Barat mendapat informasi dugaan adanya penyelewengan dalam proyek-proyek tersebut.

“Pada prinsipnya Polda Jawa Barat siap menelusuri setiap info dugaan tindak pidana korupsi yang berasal dari masyarakat termasuk dari wartawan, ” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono, kepada wartwan.

Setelah ditelusuri informasi tersebut, kata mantan Kabid Humas Polda Papua, ini akan dilakukan penyelidikan. Jika memang ditemukan ada unsur tidak pidana korupsi maka akan dilakukan penyidikan. Namun, kata dia, untuk masuk ke tahap penyidikan harus ada beberapa alat bukti yang kuat terjadinya korupsi.

“Jadi memang harus diselidiki dulu informasinya dengan pulbaket. Karena bisa jadi hanya terjadi kesalahan administrasi saja. Karenanya untuk penyelidikan kasus korupsi memang harus melalui beberapa mekanisme,” timpal Pudjo.

Sebelumnya, sejumlah proyek bantuan Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2014 bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor diduga diselewengkan.

Proyek-proyek tersebut diantaranya pengadaan alat peraga IPS tingkat SMP, pengadaan peralatan laboratorium IPA tingkat SMA dan pengadaan pembelajaran IPA berbasis TIK untuk SMA. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here