Elemen Masayarakat Nias Desak Kafe Liar Segera Ditutup

0
684

Gunungsitoli. Zonadinamika.com. Keberadaan kafe liar di kota Gunungsitoli, yang sudah meresahkan masyarakat akhirnya menuai protes dari berbagai kalangan masyarakat, hal ini di duga akibat keberadaan kafe tersebut sering menjadi pemicu terjadinya perkelahian antara masyarakat yang sudah mabuk akibat menenggak minuman keras yang dijual dengan bebas didalam kafe tersebut.

Dan yang lebih parahnya lagi, dengan keberadaan kafe tersebut tidak menutup kemungkinan menjadi sumber penyebaran virus HIV/ Aids yang dapat ditularkan melalui perempuan yang melayani dikafe tersebut, dan ini yang menjadi salah satu faktor kekhawatiran masyarakat, karena para perempuan yang melayani di kafe tersebut akibat diduga kuat sebagian besar tidak terdata secara jelas baik secara kependudukan dan termasuk dalam kepastian kesehatan mereka.

Dinas Terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan akan terjaminnya kesehatan para perempuan yang melayani tersebut jika tidak mengidap penyakit menular yaitu HIV/Aids, hal ini diungkapkan oleh Ketua DPC LSM Laskar Merah Putih bung Krisman Zebua via selulernya pada hari Sabtu (19/03/2016) pukul 14.00 Wib ketika hal ini dimintai tanggapannya terkait keberadaan kafe yang diduga tidak mengantongi sejumlah izin yang dipersyaratkan dalam membuka tempat hiburan.

Ditambahkan oleh bung Krisman Zebua jika hal ini terus dibiarkanoleh Pihak Aparat baik itu Polres Nias maupun Pemerintah dalam hal ini Pemko Gunungsitoli maka dapat kita katakan ini adalah sebuah pembiaran. Perlu kami sampaikan sekaligus kami harapkan demi terciptanya suasana aman dan kondusif di Nias sekaligus karena ini menyangkut salah satu penyakit masyarakat (pekat) maka sudah semestinya diberantas.

Lanjut bung Krisman Zebua, setelah sekian bulan beroperasinya kafe tersebut dimana diduga kuat tidak memiliki atau mengantongi sejumlah izin hingga saat ini pihak aparat penegak hukum beserta pemerintah terkesan takut dalam mengambil tikdakan atas keberadaan kafe tersebut. Jika hal ini terus dibiarkan maka dapat dikhawatirkan akan muncul kafe-kafe seperti ini nantinya kedepan bertebaran di Pulau Nias. Toh juga keberadaan kafe tersebut dampak negatifnya yang lebih menonjol dari pada dampak positifnya.

Baca Juga :  Bongkar Dugaan Korupsi Alat Peraga Sekolah

Kenapa, akibat keberadaan kafe ini jelas akan berpengaruh buruk terhadap generasi muda, karena sudah dirasuki oleh minuman keras dan tidak menutup kemungkinan dapat mengarah kepergaulan bebas, diharapkan agar orang tua juga dapat berperan aktif dalam memantau anak-anaknya, karena menurut pengamatan kami rata-rata saat ini pengunjung kafe tersebut adalah anak baru gede (ABG).

Apalagi lebih fatalnya kalau masih anak sekolah, karena jelas dapat mempengaruhi semangat anak-anak muda ini untuk menjadi generasi muda yang berpendidikan, bermoral, beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Lebih tegasnya lagi bung Krisman Zebua meminta kepada aparat penegak hukum untuk tidak diberikan toleransi atas keberadaan kafe tersebut yaitu supaya segera ditutup karena sudah sangat meresahkan ucap bung Krisman dengan nada geram.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here