Air Ciliwung Langsung Dapat Diminum

0
525

Jakarta. Timur,Zonadinamika.com. Air Kali Ciliwung di wilayah Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, kini dapat langsung diminum warga serta garatis
“Air tersebut merupakan bantuan dari Kodam Jaya bersama Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina.

Tepatnya di wilayah RW 02 Bidaracina, di sediakan tangki air bersih berkapasitas 1.500 liter. Hasil sulingan Air di dalam tangki ini bisa langsung diminum warga, Mengingat penyediaan air ini ,sudah dilakukan proses penyulingan. Berdasarkan hasil penelitan di laboratorium,Jelasnya air tersebut sangat layak untuk diminum.

Letkol Inf Bagus Tri Wibowo ,Komandan Kodim 0505 Jakarta Timur, mengatakan, “Penyediaan tempat penyulingan air Ciliwung menjadi air layak minum ini untuk membantu warga

“Warga cukup mengantre membuka kran yang tersedia di dalam tangki tersebut, sudah mendapatkan air bersih.

“Dengan adanya tangki air bersih hasil penyulingan ini diharapkan warga lebih peduli terhadap kebersihan Kali Ciliwung. Kemudian warga mau merawat dan menjaga Ciliwung,” ujarnya, Selasa (12/1/2016.

Lanjut Letkol Bagus Tangki penyulingan air bersih tersebut dapat memproduksi air bersih sekitar empat hingga lima liter per menit. Adapun daya tampung tangki maksimal 1.500 liter. Air tersebut telah melalui tahap filtrase, menggunakan karbon dan disaring ulang menggunakan membran ultra filtrase serta diolah lagi dengan proses reserve osmosis.

Senada juga di sampaikan Vice President CSR PT Pertamina, Kuswandi menyampaikan , “Program penyulingan air bersih Ciliwung ini merupakan program pertama yang dilakukan oleh PT Pertamina. Pihaknya akan melakukan evaluasi lagi lantaran ke depannya program seperti ini akan diterapkan di sejumlah lokasi di Indonesia.

“Tujuanya utamanya kami hanya ingin mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga kebersihan kali.

“Tidak membuang sampah sembarangan ke kali. Meskipun demikian, Air Ciliwung yang terlihat kotor, ternyata setelah diproses penyulingan, layak untuk diminum,” ujar Kuswandi.

Baca Juga :  Karangan Bunga Ahok-Djarot Bertebaran di Medan dan Batam

Sementara Toni (52), salah seorang warga RW 02 Bidaracina, mengaku sangat terbantu adanya tangki air bersih ini.
“Setidaknya pengeluaran untuk pembelian air bersih, kini tidak ada lagi.

Tambah Toni “Awalnya kami ragu mengonsumsi air dari tangki ini. Apa iya, air Ciliwung bisa dikonsumsi untuk diminum. Setelah diuji coba dan diyakinkan, ternyata benar,” ujar Toni.u,Pungkasnya (An)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here