Tuntut Copot Kepala SatpolPP Surabaya

0
688

Surabaya,Zonadinamika.com. LSM gabungan di Surabaya mengatasnamakan Solidaritas Aktivis Anti Kekerasan (SANTIKA), mengadukan arogansi oknum Satpol PP Kota Surabaya, di Polsek Bubutan. Laporan tersebut sesuai LP/643/B/XII/2015/JATIM/RESTABES SBY/POLSEK BUBUTAN SURABAYA.

Tidak puas memolisikan oknum Satpol PP Kota Surabaya, mereka juga berdemonstrasi di Balai Kota Surabaya. “Karena ini murni arogansi. Kepala Satpol PP Kota Surabaya harus bertanggungjawab dalam hal ini,” ketus salah satu korlap aksi, Yanto.

Yanto juga mengatakan, alasan Kepala Satpol PP Kota Surabaya Irvan Widyanto harus bertanggungjawab, lantaran segala kegiatan penertiban wajib diketahui pimpinannya. “Kalau tidak sanggup memimpin, copot Kasatpol PP,” tegasnya.

Nano dan Suharyono salah aktivis yang juga andil protes terhadap arogansi Satpol PP Kota Surabaya, mengkisahkan, arogansi yang dilakukan saat Satpol PP Kota Surabaya melakukan razia gepeng di kawasan Demak. Saat melihat korban Fathurohman (21), warga yang tinggal di kawasan Tambak Dalam 1/1 Surabaya, duduk-duduk ditrotoar jalan, Tim Kaipang Satpol PP Surabaya langsung melakukan penyergapan. “Korban terjatuh dan ditendang oleh salah satu oknum Satpol PP berpakaian preman. Saat tidak berdaya, kemudian korban dimasukkan ke mobil patroli dan dibawa ke Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih,” ucapnya.

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Satpol PP Kota Surabaya, Denny CH Tupamahu pada wartawan mengaku segera melakukan investigasi secara mendalam atas pengaduan itu. Denny juga membenarkan ada penertiban anak jalanan, gelandangan, dan pengemis di perempatan Jalan Demak. “Mungkin ada kesalahan teknis saat penertiban sehingga ada kejadian itu,” akunya.

Lebih lanut, Kapolsek Bubutan Kompol Edith Yuswo “Kami masih mendalami motif pemukulan guna proses penyelidikan lebih lanjut. Kami juga akan memanggil saksi-saksi dan oknum Satpol PP Kota Surabaya yang terlibat penganiayaan,” pungkasnya.(dra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini