Barang –Barang Kadaluarsa Banyak Beredar Di Paniai

0
973

makanan kadaluarsaPANIA PAPUA–Zonadinamika.Com, Banyak Produk Makanan dan Minuman Kadarluarsa yang masih beredar luas dan  diperdagangkan di Pertokoan, Kios Obral maupun di sepanjang jalan kota Enarotali.

Masyarakat Paniai yang berdomisili di Distrik atau kampung-kampung mereka belum tau tentang label tanggal bulan dan tahunnya apakah masa berlaku untuk jual dan tidaknya, jadi kalau bisa DPRD atau Pemerintah Tertkait harus tangani dengan serius demi menyelamatkan kesehatan kita bersama sebab hal ini yang dikonsumsi masyarakat di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua.

“Waktu itu saya mau beli sejenis minuman Coca Cola di kios sekitar Kota Enarotali, dirinya mendapat jenis minuman dimaksud telah kadaluarsa,” kata Franz , salah satu intelektual muda Paniai, Rabu (5/6/15).

Menurut Franz, setahu dirinya, batas waktu  penarikan barang kadarluarsa itu tiga bulan sebelum masa berlaku habis, namun kenyataannya berbeda di Kota Enarotali. “Setelah kejadian itu saya masih menemukan produk makanan dan minuman lain yang juga sudah kadaluarsa tetapi masih tetap diperdagangkan,” ujarnya.

Jika barang-barang yang sudah kadarluarsa itu terus diperjualbelikan, maka tak menutup kemungkinan masyarakat di Kabupaten Paniai dapat terjangkit penyakit atau bahkan keracunan. “Saya harap, pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait dapat mengadakan pemeriksaan di setiap kios dan pertokoan yang ada dan segera bertidak tegas sebelum terlambat,” lanjutnya.

Terkait peredaran minuman dan makanan kadaluarsa ini, Denis Gobai, warga Kota Enarotali membenarkan hal itu. Kebanyakan minuman jenis coca cola, yang masa waktu habisnya tanggal 6 Mei  2015 masih banyak ditemukan di toko maupun kios-kios di Kota Enarotali.

“Sebenarnya barang-barang tersebut sudah harus dimusnakan, karena masanya sudah mulai hampir habis. Saya harap, DPRD, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Perindakop segera mengatasi masalah ini,” harapnya.

Baca Juga :  Cerita Disisi Pandemi Covid-19 Antara Kesulitan Ekonomi, Penjual Cendor Masih Asik

Franz Tatogo juga menghimbau masyarakat yang hendak membeli barang di toko atau kios dapat lebih hati-hati dengan melihat batas waktu kadarluarsa sebelum membeli.

Masyarakat Paniai berharap, Barang kadaluarsa yang beredar di Paniai harus tegaskan untuk bila perlu dinas terkait turun lapangan untuk Pemeriksaan karena barang kadaluarsa tersebut salah satu jalur untuk membunuh Orang Asli Papua Khususnya Orang Paniai. (PAY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here